Musrenbangkel 2022, Skala Prioritas Kelurahan Purwodadi Bidang Kesehatan dan UMKM

  • Whatsapp
penyusunan RKPD 2023, Keluran Purwodadi Kecamatan Blimbing gelar Musrenbang tahun 2022 (foto.dok.Arm/Javanetwork)
penyusunan RKPD 2023, Keluran Purwodadi Kecamatan Blimbing gelar Musrenbang tahun 2022 (foto.dok.Arm/Javanetwork)
banner 468x60

Javanetwork.co.id, Malang Kota – Dalam rangka penyusunan RKPD 2023 Kelurahan Purwodadi Kecamatan Blimbing Kota Malang, Jawa Timur, melaksanakan kegiatan Musrenbang Kelurahan dalam menyusun usulan prioritas masyarakat yang akan dilaksanakan 2023. Kegiatan tersebut bertempat di aula setempat, (16/1).

Kegiatan Musrenbang Kelurahan Purwodadi dihadiri oleh BAPPEDA Kota Malang Abd Karis, Anggota DPRD Malang Dapil Kecamatan Blimbing Wiwik, Camat Blimbing yang diwakili oleh Kasubag Perencana dan Keuangan Dahlina, tokoh masyarakat, Laskar Perencana (Pendamping), Ketua LPMK, CSR dan tiga pilar, yaitu Bhabinkamtibmas serta Bhabinsa.

Lurah Purwodadi Drs. Agus Purwanto, M.Kes, mengatakan, bahwa Kelurahan Purwodadi mempunyai isu stragis yang di skala prioritaskan baik itu fisik dan non fisik. Sementara itu, sakala prioritas fisik yang dirumuskan ditingkat RW, yakni penanggulangan bahaya banjir kiriman, perbaikan jalan hotmik, paving dan rabatan, PJU dan PJL, RTLH dan kurangnya RTH serta taman bermain tematik gratis.

” Skala prioritas dibidang fisik yang menjadi isu strategis di kelurahan purwodadi mengedepankan usulan yang telah dirumuskan oleh tingkat RW diantaranya penganangan banjir dan lainya,” kata Agus Purwanto, minggu (16/1/2022).

Sedangkan untuk skala prioritas non fisik, Agus Purwanto menyampaikan, Pertumbuhan ekonomi kami selama 3 tahun terakhir terseok seok. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang terfokuskan terhadap sejumlah UMKM untuk terus bangkit dimasa wabah pandemi covid-19 saat ini. Selain itu, tak kalah pentingnya juga dibidang kesehatan, yaitu penanganan Stunting yang saat ini tengah digalakkan oleh pemerintah, Sebab wabah covid-19 saat ini masih belum selesai.

” Penanganan stunting menjadi skala prioritas kami, dimana saat ini pemerintah tengah menggalakkan program tersebut,” ujarnya.

Ia mengungkap, penanggulangan Stunting yang akan dilakukan adalah Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada Balita dan Ibu Hamil, Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri dan ibu hamil, peningkatan cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi dan balita melalui kegiatan posyandu balita dan lansia.

” Pentingnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan keluarga, kami terus melakukan sosialisasi kepada warga, baik penyakit yang menular dan penyakit tidak menular. Jaga kesehatan, jaga imun tubuh dan patuhi prokol kesehatan di masa pandemi covid-19 saat ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, ia berharapa dan yang perlu di ingat bahwa pandemi masih belum selesai masyarakat harus lebih berhati-hati dan waspada, prokesnya harus dilakukan dan upaya-upaya serta mengiliminasi penularan virus covid-19. Pointnya adalah aspek kesehatan kita kuatkan yang sifatnya program penyadaran masyarakat maupun secara langsung yaitu penuhan gizi dan atau penguatan urban farming.

Bidang ekonomi, Kelurahan Purwodadi melakukan penggalangan semua stake holder, seperti perhotelan, bengkel mobil dan lain lainya. Semua kita rangkul agar juga ikut berperan dalam memperdayakan masyarakat.

” Memberikan pembekalan kepada masyarakat, agar lebih giat lagi untuk menggalakkan peningkatan ekonomi di UMKM nya,” tukasnya. (LN/Arm)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan