Brawijaya University Student from Sumenep (BUSS), Sambang Desa Bersih Sampah dan Gelar Bhaksos

  • Whatsapp
BUSS laksanakan kegiatan kemasyarakatan dan bhakti sosial (foto. Ist)
BUSS laksanakan kegiatan kemasyarakatan dan bhakti sosial (foto. Ist)
banner 468x60

Javanetwork.co.id, Sumenep – Brawijaya University Student from Sumenep (BUSS) menggelar kegiatan sosial dengan sambangi desa dengan bersih sampah dan cek kesehatan secara gratis. Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Pinggir Papas, Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, (13/1).

Kegiatan ini bekerja sama dengan kursi, Dinkes, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Acara ini merupakan rangkaian dari Brawijaya Festival tahun ini.

Sambangi desa dengan bersih sampah merupakan implementasi dari nilai-nilai Tri Dharma Perguruan tinggi yakni, pengabdian kepada masyarakat.

Ketua BUSS Sumenep Fahrur Rozi mengungkapkan, bahwa dengan adanya acara ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan membuka pemikiran-pemikiran baru bagi masyarakat sekitar, tentang pentingnya menjaga kebersihan serta.

“Pola pikir masyarakat, harus menjadikan masyarakat memeiliki rasa memiliki terhadap lingkungan karena lingkungan juga merupakan bagian dari, untuk dan oleh masyarakat,” kata Rosy, rabu (12/1/2022) kemarin.

Menurut alumni TMII Al-Amien, menjelasakan, Kegiatan bersih-bersih sampah di sekitaran Balai Desa Pinggir Papas, dipilih karena kurangnya tingkat kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah di masyakat sekitar yang notabene-nya merupakan masyarakat pesisir.

“Bersamaan dengan hal tersebut, BUSS juga mengadakan check-up kesehatan gratis, bagi masyarakat sekitar terutama para lansia. Check kadar glukosa, kolesterol, dan asam urat menjadi titik poin pada pemeriksaan kali ini,” ungkapnya.

Jefry Andy Agusty selaku Ketua Pelaksana BRAWFEST 2022, mengungkapkan alasan pemilihan Desa Pinggir Papas sebagai tempat pelaksanaan Sambang Desa.

“Kami memilih desa Pinggir Papas sebagai tempat pelaksanaan Sambang Desa berdasarkan beberapa kriteria yang sudah kami tentukan, dan kami merasa Desa Pinggir Papas memenuhi kriteria yang sesuai dengan kegiatan pengabdian yang akan kami laksanakan,” ujarnya.

Jefry juga menambahkan perihal pentingnya kebersihan yang menjadi salah satu agenda Sambang Desa Brawijaya Festival 2022 dalam sambutannya.

“Tantangan kita di era saat ini bukan lagi melawan penjajah melainkan juga bagaimana kita menghadapi permasalahan kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan