Batik Khas Sapi Tok – Tok Karya Siswa SMA DDI Masalembu

  • Whatsapp
Batik Khas Sapi Tok - Tok (foto.dok.lintasjatimnews.com)
Batik Khas Sapi Tok - Tok (foto.dok.lintasjatimnews.com)
banner 468x60

Javanetwork.co.id, Sumenep – Pasca pelaksanaan ujian semester ganjil, lembaga pendidikan SMA DDI Masalembu menyelenggarakan Pameran Batik Khas Budaya Masalembu. (15/12).

Batik tersebut merupakan karya Peserta Didik SMA DDI Masalembu. Tidak hanya melakukan Pameran batik, SMA DDI juga mengadakan lomba Melukis di Halaman sekolah yang di kemas dalam tema “ART EXHIBTION” kecamatan Masalembu, Sumenep.

Motif Batik Karya Peserta didik SMA DDI tersebut terinspirasi oleh budaya lokal Masalembu, seperti ” Sapi Tok – Tok ” serta beberapa motif lainnya yang masih menjadi ciri khas pulau Masalembu.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari. Di mana pada hari pertama adalah Malam Opening ” ART EXHIBITION ” di susul ngaji seni. Kemudian, dilanjutkan dengan lomba melukis yang di ikuti oleh seluruh peserta didik se kecamatan Masalembu tingkat SD-SMA serta di buka untuk umum.

Malam puncak kegiatan tersebut adalah PAMERAN BATIK KHAS MASALEMBU karya Peserta Didik SMA DDI Masalembu.

” Inti dari kegiatan ART EXHIBITION ini adalah memperkenalkan batik khas Masalembu kepada stakeholder sekolah, umumnya kepada seluruh masyarakat masalembu “, kata kepala sekolah SMA DDI Masalembu, ipong, selasa (13/12/2021) lalu.

Beliau juga menuturkan. Batik adalah salah satu tanda jati diri indonesia, karena memiliki ciri khas berbeda dengan batik-batik lain yang telah di akui oleh UNESCO sebagai (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

” Pulau kecil ini (Masalembu) juga punya budaya. Jadi melalui Batik Khas SAPI TOK-TOK Masalembu karya peserta didik SMA DDI. Pulau tercinta ini mampu menemukan jati dirinya sebagai pulau yang berbudaya bukan pulau yang pandai menyebar fitnah. Dan saya yakin apa yang telah kami laksanakan ini (pembuatan batik khas Masalembu) segaris lurus dengan jalan perjuangan pendidikan berkarakter kemendikbud “, Tandasnya.

Sunandar, merupakan alumni UNIPA yang menjadi salah satu Guru SMA DDI Masalembu, sekaligus perancang batik dan koordinator kegiatan tersebut juga menuturkan. Bahwa pelaksanaan pameran batik ini tidak lain untuk meningkatkan daya kreativitas peserta didik SMA DDI Masalembu.

” Pameran ini hanyalah wadah bagi peserta didik untuk menampung hasil krearitifitas siswa agar termotivasi untuk lebih berkembang lagi “, pungkasnya.

Tampak bebarapa tamu atau utusan dari lembaga/instansi di Kecamatan Masalembu hadir dalam acara tersebut, untuk memenuhi undangan Malam Opening ” ARTEXHIBITION ” tersebut. Bahkan menurut ketua panitia pelaksana, beberapa tamu merupakan tamu istimewa.

” Beberapa tamu di sini bukan hanya sebagai tamu undangan, namun beberapa di antara mereka berasal dari lembaga/instansi Negara dan Swasta yang telah mensponsori kegiatan ini, khususnya dalam pembuatan baju BATIK KHAS Masalembu”. Ucap Ali Ridho, Ketua Panitia Pelaksana. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan