Kopi Dapat Menjaga Kecantikan Kulit Wajah, Yuk! Ikuti Tips 6 Manfaat Berikut Ini

  • Whatsapp
Kopi mempunyai manfaat baik untuk mencegah kanker kulit dan dapat digunakan sebagai bahan dasar exfoliating. (Foto: by Tina Guina/Unsplash)
Kopi mempunyai manfaat baik untuk mencegah kanker kulit dan dapat digunakan sebagai bahan dasar exfoliating. (Foto: by Tina Guina/Unsplash)
banner 468x60

Javanetwork.co.id, Life StyleKopi sudah menjadi minuman wajib untuk mengusir kantuk di pagi hari. Pada produk perawatan kecantikan, kopi pun berperan penting jadi bahan dasar untuk membantu menjaga kecantikan wanita. Salah satu alasan utama mengapa kopi dipercaya sebagai bahan dalam produk perawatan kulit adalah kandungan kafein.

Saat ini, sudah banyak merek skincare yang memanfaatkan kandungan kafein dalam kopi dan diolah sedemikian rupa dalam bentuk lulur, sabun, masker wajah, atau body lotion. Ekstrak kopi juga mengandung flavonoid dan karotenoid yang membantu melindungi kulitmu dari radikal bebas.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Memiliki sifat antioksidan yang tinggi, bubuk kopi segar tanpa ada campuran gula begitu dianjurkan jika ingin membuat masker atau lulur sendiri di rumah. Simak deretan manfaat kopi untuk kecantikan yang HerWorld Indonesia rangkum di bawah ini. Penggemar kopi wajib tahu!

1. Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelum, kopi dengan sifat antioksidannya begitu bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Tanda-tanda penuaan dini yang kerap dialami oleh wanita adalah munculnya kerutan halus disekitar area mata dan didekat hidung. Diperlukannya kandungan aktif untuk memperkuat elastisitas kulit ini bisa memanfaatkan bubuk kopi hitam, yang dicampur bahan alami lain seperti madu atau air mawar lalu dicampurkan jadi satu sampai berwujud pasta.

2. Mencegah Jerawat Kembali

Jerawat sering kali bikin seseorang tidak percaya diri. Insecure sampai stres sendiri memikirkan kondisi kulit yang tidak kunjung membaik, alangkah baiknya kamu mencoba membeli masker organik atau jenis masker lainnya dengan bahan utama kopi. Sebab, kopi tidak hanya mengandung antioksidan dan kafein saja, tetapi kandungan stimulan dan asam klorogenat membantu kurangi dan mencegah jerawat membandel.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Untuk mengusir kulit mati yang tertumpuk didasar kulit wajah, biasanya para wanita akan melakukan exfoliating menggunakan skincare khusus. Proses exfoliating dapat membuat kulitmu terlihat lebih cerah dan meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit agar lebih maksimal dalam menyerap skincare yang diaplikasikan. Agar exfoliating tidak salah, pilihlah bubuk kopi segar dengan takaran satu sendok makan, lalu campurkan jadi satu bersama satu sendok gula cokelat dan dibuat seperti pasta menggunakan air mawar. Aplikasikan scrub ke wajah, gosok secara perlahan selama satu menit, lalu biarkan scrub tersebut menempel beberapa saat, kemudian bilas wajah menggunakan air biasa.

4. Memudarkan Mata Panda

Sama seperti masalah jerawat, mempunyai mata panda akibat sering tidur larut malam juga salah satu penyebab percaya diri menurun. Untuk membantu mengatasi mata panda, kamu dapat memanfaatkan kandungan kafein dalam kopi. Pasalnya, kafein tinggi membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan mempersempit pembuluh darah, sehingga cepat memudarkan mata panda. Dalam mengaplikasikannya, kamu bisa mencampur satu sendok bubuk kopi hitam dan satu sendok yogurt rasa original.

5. Mencegah Terjadinya Kanker Kulit

Kanker kulit biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, sehingga dapat merusak jaringan sel kulit dan memicu timbulnya sisik dan bercak kasar dengan warna bervariasi. Peristiwa ini lebih dikenal dalam dunia medis sebagai solar keratosis. Untuk pencegahan, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah melakukan perawatan lulur kopi satu bulan. Kopi merupakan bahan alami yang kaya vitamin B3 (niasin). Jika kamu rutin luluran menggunakan kopi, maka akan kemungkinan kecil kamu terkena dampak dari jahatnya sinar UV. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu mengaplikasikan sunscreen di wajah dan tubuh.

6. Memberikan Efek Menenangkan Pada Kulit

Masker kopi dapat berdampak baik dalam menenangkan kulit akibat terbakar sinar matahari. Kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan bermanfaat untuk mengobati kemerahan yang disebabkan reaksi alergi. Tidak perlu repot, kamu tinggal campurkan dua sendok bubuk kopi hitam dan satu kerokan daging lidah buaya yang sudah dihancurkan terlebih dahulu, kemudian aplikasikan ke kulit wajah sebagai masker. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan