Gaya Hidup Sehat, Berikut Ini 7 Cara Untuk Mewujudkan di Sela Kesibukan

  • Whatsapp
Tak perlu uang banyak untuk wujudkan tubuh yang kuat dan juga sehat. Cukup lakukan 7 hal simpel (Foto by Pexels/Pixabay)
Tak perlu uang banyak untuk wujudkan tubuh yang kuat dan juga sehat. Cukup lakukan 7 hal simpel (Foto by Pexels/Pixabay)
banner 468x60

Javanetwork.co.id, Life Style – Saat sibuk atau terlalu banyak kegiatan, kadang kita lupa untuk menjaga kesehatan. Sering makan makanan instan, jajan sembarangan, dan jarang bahkan tak pernah berolahraga. Kebiasaan inilah yang kerap menumpuk penyakit.

Tidak cuma ragam penyakit yang berhubungan dengan kolesterol, tekanan darah tinggi, sampai pada serangan jantung yang diakibatkan oleh asupan minim nutrisi dan tinggi lemak jenuh, tetapi penyakit lain seperti otot kaku hingga mata berkunang-kunang pun sering dialami siapa pun yang waktu bekerjanya jauh lebih banyak dibandingkan waktu beristirahat.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Lalu, baikkah hal tersebut? Tentu tidak! Jika dibiarkan berlarut, maka banyak risiko yang menunggu di kemudian hari. Oleh sebab itu, sebisa mungkin cobalah terapkan gaya hidup sehat sederhana yang bisa kamu lakukan di sela kesibukan. Tak perlu waktu khusus dan jauh dari kata merepotkan, tujuh kegiatan di bawah ini setidaknya bisa membantumu meminimalisir risiko terkena penyakit berat. So, apa sajakah aktivitas itu? Intip what-to-do list di bawah ini agar kamu bisa tetap fit meski pekerjaan tak bisa ditinggal.

1. Minum Jus Segar dan Air Putih

Sekarang, sudah banyak brand minuman sehat yang bisa dipesan melalui layanan ojek online. Jadi kalau kamu betul-betul tak ada waktu untuk membuat bekal atau pergi makan ke luar kantor, maka baiknya kamu pesan jus segar tanpa gula seperti cold pressed juice atau juga fresh smoothie. Kenapa? Karena setidaknya kamu dapat vitamin, antioksidan alami, dan nutrisi baik dari sayur dan juga buah yang benar-benar segar tanpa pemanis buatan. Terlebih jika kamu sadar makananmu tak terlalu sehat tiap harinya. Jadi jika kamu bisa pesan kopi kekinian atau boba, maka kamu tentu bisa pesan jus segar, kan? Ouuch! There’s no excuse for being healthy anyway. Apalagi sekarang pilihan dan kemudahan sudah makin banyak. Semua serba gampang, lho. Jangan tunggu sakit untuk memuai healthy lifestyle, ya.

Lalu, jangan lupa juga untuk banyak minum air putih sebanyak minimal tujuh gelas sehari. Selain akan memberimu hidrasi lebih, minum air putih yang cukup juga akan menyelematkanmu dari penyakit ginjal serta membuang banyak bakteri serta racun yang ada dalam tubuh. Jadi jangan malam minum air mineral, yaaa.

2. Minum Vitamin

Selain jus, ini juga perlu kamu asupan untuk menyeimbangkan nutrisi dalam tubuhmu. Jika tahu bahwa jajananmu jarang ada yang sehat, maka asupan vitamin tentu harus ekstra. Apalagi kalau kamu sangat sibuk dan bekerja tiada henti. Maka kamu bisa pilih untuk minum multivitamin atau vitamin tunggal seperti vitamin C, E, D3, Zinc, dan lain sebagainya. Jika ingin lebih enak, kamu juga bisa campurkan bubuk nutrisi yang banyak dijual di toko kesehatan yang mengandung multivitamin komplet. Dapat dicampur dalam jus atau smoothie, kamu pasti akan lebih sehat terutama bagian lambung, usus, dan pencernaan karena biasanya bubuk nutrisi ini sudah mengandung serat yang baik untuk organ dalammu. Jangan sepelekan peran vitamin, ya. Sebab jika kekurangan, maka gangguan kesehatan akan menanti. Namun berlebihan juga tak baik, sesuaikan saja dengan dosis yang dianjurkan untuk jadi persona yang lebih sehat, aktif, dan jauh dari kata loyo.

3. Stretching di Jam Istirahat

Cara sederhana untuk memulai gaya hidup sehat di sela-sela kesibukan adalah melakukan stretching atau perenggangan otot. Saat beristirahat, gunakanlah waktu sebaik-baiknya untuk merenggangkan otot-otot yang kaku. Banyak gerakan yang bisa kamu lihat di YouTube atau di Google untuk melakukan stretching sederhana di tempat kerja. Why so important? Sebab otot yang kaku dapat mengakibatkan ragam penyakit seperti gangguan tulang leher, sakit bahu dan juga lengan ngilu, pusing, kuping berdengung, hingga mata lelah. Jadi jika ada waktu untuk stretching, lakukanlah. Mudah, gratis, dan tak perlu waktu lama.

4. Lakukan Clean Eating

Untuk kamu yang banyak mengonsumsi makanan tinggi minyak, gula, dan lemak jahat, maka kamu bisa ganti pilihan makan siang dan malammu dengan makanan yang lebih clean. Tak perlu selalu buang banyak uang untuk bisa makan makanan vegan atau makanan sehat lainnya. Jika uangmu sedang tiris, menu vegan bahkan bisa kamu dapatkan dengan mudah di warung makan biasa. Asal ada menu sayur, lauk yang dibakar, atau sup bening tanpa santan, maka makan siangmu sudah boleh dikatakan aman. Hal ini tentu tak menyulitkan dan sangat sederhana. What you are is what you eat. Apa yang kamu makan tiap hari adalah cerminan kesehatanmu secara keseluruhan. Jadi meski tak bawa bekal atau tak bisa masak, kamu tetap bisa makan makanan sehat dengan harga murah meriah.

5. Berfikir Positif

Beralih pada hal di luar urusan nutrisi, pikiran yang positif juga akan membantumu untuk bisa lebih sehat secara holistik. Ya, mind, body, and soul! Dalam pikiran yang sehat akan terdapat jiwa yang kuat. Tentu hal ini jauh dari kata mahal. Kamu tinggal belajar bagaimana caranya mengontrol emosi dan pikiranmu supaya selalu bisa menerima segalanya dengan hati terbuka. Rasakan pedih dan gelisahmu sambil tak meninggalkan rasa syukur yang layak kamu nikmati. Dari sini, kamu akan begitu menghargai kehidupan dengan segala konflik dan keindahan yang ada. Pesimis tentu boleh, tapi menjadi positif rasanya akan lebih memberimu ketenangan hati yang sulit digambarkan. Inilah salah satu kunci sukses untuk tetap bisa sehat meski pekerjaan bak tiada habisnya. Karena sehat itu bukan cuma di raga tapi juga di dalam kepala. Jika kamu sulit melakukan ini, baru boleh kamu kunjungi terapis jika benar-benar dirasa perlu.

6. Yoga Atau Meditasi Sebelum Tidur

Masih beririsan dengan poin sebelumya, salah satu cara untuk mencapai positivitas ialah dengan melakukan yoga atau meditasi sebelum tidur. Bukannya melelahkan, yoga atau meditasi sebelum tidur justru sangat merelaksasi tubuh sehingga segala kekakuan yang kamu rasakan sehari penuh bisa sedikit demi sedikit terobati. Lakukanlah setidaknya 30 menit setiap hari sebelum memejamkan mata. Tubuh dan pikiran akan terasa lebih tenang, ringan, rileks, dan siap untuk beristirahat. Tak cuma itu, kegiatan ini juga terbukti mampu menghilangkan segala bentuk kecemasan dan kekuatiran jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Tak heran mereka yang sering melakukan kegiatan ini sering tampak segar dan ceria.

7. Berolahraga di Hari Libur

Terakhir, berolahragalah. Meski sebentar, olah raga yang kamu lakukan akan membantu tubuhmu untuk tetap fit. Peredaran darah jadi lancar, kalori terbakar, dan tumpukan serta sumbatan-sumbatan lemak sedikit banyak akan keluar jadi keringat. Mulailah dari yang sederhana jika tak biasa berolahraga. Jalan kaki. Yup, jalan kaki setidaknya 45 menit satu hari akan membuat tubuhmu lebih segar karena jantung jadi terlatih untuk bergerak. Jika sudah terbiasa, tingkatkan lagi dengan yang lebih intens seperti misalnya lari, bersepeda, berenang, atau workout kekinian seperti HIIT atau yang lainnya. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan