Ngopi Bareng: Kajari Sumenep, Hati Hati Dalam Menggunakan Anggaran

  • Whatsapp
Ngopi Bareng Pemkab Sumenep Bersama Kajari (foto. Ist. Diskominfo)
Ngopi Bareng Pemkab Sumenep Bersama Kajari (foto. Ist. Diskominfo)
banner 468x60

Javanetwork.co.id, SumenepPemerintah Kabupaten Sumenep Dinas Komunikasi dan Informasi Sumenep melaksanakan kegiatan dialog interaktif bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sumenep dan diikuti oleh seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sumenep, (12/11).

Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH, MH. Dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan oleh Ahmad Masuni Plt. Asisten 1 Setdakab Sumenep menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam kurun waktu 5 tahun ke depan telah menetapkan visi dan misi sebagai target utama kegiatan pembangunan daerah, pencapaian program dan kegiatan tersebut diselesaikan oleh seluruh perangkat daerah secara tematik, holistik, integratik dan spesial dengan visi Sumenep unggul mandiri dan sejahtera.

” Visi yang sudah ditetapkan perlu dijabarkan dalam 5 visi pembangunan yang diterjemahkan dalam beberapa program prioritas,” jelas Bupati Fauzi dalam sambutan tertulisnya, Jum’at (12/11/2021).

Kabupaten Sumenep, selanjutnya Bupati Fauzi mengungkapkan, dalam mencapai pembangunan daerah diantaranya adalah penguatan kompetensi, peningkatan kesejahteraan guru sekolah, guru ngaji dan guru madrasah Diniyah serta dukungan program beasiswa. Peningkatan kwalitas standar pelayanan dan pembangunan kesehatan dasar, mencetak wirausaha santri dan kalangan muda di Era industri 4.0.

Selain itu, lanjut fauzi, pembangunan ekonomi kawasan, dan percepatan ekonomi berbasis tematik, mewujudkan kawasan wisata madura, visit madura dan pengembangan ekonomi kreatif. Tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional, peningkatan penanganan masalah sosial dengan semangat gotong royong, serta peningkatan infrastruktur di Kepulauan.

” Untuk merealisasikan program program tersebut sangat dibutuhkan peran serta dan kerjasama pimpinan perangkat daerah, Camat, Kepala Desa dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di kabupaten Sumenep,” tuturnya.

Ia menambahkan, Persamaan presepsi dalam menjalankan program prioritas ini menjadi penting agar apa yang ingin kita raih dapat berjalan sesuai dengan perencanaan yang sudah kita tetapkan tidak hanya kejar target.

” Menyelesaikan program harus juga sesuai dengan aturan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sumenep Adi Tyogunawan, SH, MH, mengatakan, sudah saya sampai kan tadi, aspek hukum ekonomi terhadap pembangunan. Kenapa kita sampai kan itu? karena cita cita pendiri bangsa ini, adalah untuk mensejahterakan kesejahteraan masyarakat.

” Bagaimana aspek hukum ini dapat mendukung pembangunan Kabupaten Sumenep terhadap ekonomi,” kata Kajari Sumenep Adi Tyogunawan, SH, MH.

Adi Tyogunawan, SH, MH mengingatkan, titik titik rawan, semisal dari tahap perencanaan, kuasa pengguna anggaran untuk tidak langsung terima laporan tanpa melakukan cek dan ricek kelapangan. Intinya, harus hati hati dalam menggunakan anggaran.

” Saya akan turun langsung, agar bisa melihat langsung dan memberikan nasihat nasihat hukum kepada stakeholder. Intinya, kita bisa bekerja sesuai ketentuan dan bisa mengurangi resiko hukum,” pungkasnya. (*/Fendy/Yun/Arm)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan