Menurut Penelitian, Kopi Memilik 10 Manfaat Untuk Kesehatan

  • Whatsapp
(Ist. by Rachel Claire on Pexels)
(Ist. by Rachel Claire on Pexels)
banner 468x60

Javanetwork.co.id, NasionalKopi termasuk ke dalam salah satu minuman paling populer di dunia. Bagaimana tidak, bagi sebagian besar orang kopi menjadi minuman wajib di pagi hari sebelum beraktivitas. Ternyata, tak hanya dapat memberikan semangat, kopi juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Ini berkat tingginya kandungan antioksidan dan nutrisi di dalamnya.

1. Dapat Membantu Mengurangi Depresi

Sebagaimana diketahui, Kopi termasuk ke dalam salah satu minuman paling populer di dunia. Bagaimana tidak, bagi sebagian besar orang kopi menjadi minuman wajib di pagi hari sebelum beraktivitas. Ternyata, tak hanya dapat memberikan semangat, kopi juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Ini berkat tingginya kandungan antioksidan dan nutrisi di dalamnya. adalah gangguan mental yang dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan. Namun, sebuah studi Harvard tahun 2011 membuktikan bahwa, wanita yang minum kopi setiap hari memiliki risiko 20% lebih rendah untuk mengalami depresi. Studi Harvard lain yang melibatkan lebih dari 200 orang juga menemukan bahwa, peserta penelitian yang minum kopi setiap hari memiliki kemungkinan 53% lebih kecil untuk bunuh diri karena depresi.

2. Dapat Meningkatkan Energi

Sudah menjadi rahasia umum, minum kopi dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa lelah. Itu karena, kopi mengandung stimulan yang disebut kafein. Seperti yang ditunjukan sebuah penelitian tahun 2008 yang diterbitkan di jurnal Nutrition Bulletin, kopi dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, dan energi.

3. Dapat Membantu Membakar Lemak

Tak hanya dapat meningkatkan energi, kandungan kafein dalam kopi ternyata juga terbukti sebagai salah satu zat alami yang dapat membantu membakar lemak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of London, menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme sebesar 3-11%, yang dapat membantu membakar lemak di dalam tubuh.

Penelitian lain tahun 2004 yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition, kafein secara efektif dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang dengan kelebihan berat badan dan 29% pada orang kurus.

4. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2? Iya, benar sekali! Pada tahun 2008, para peneliti dari University of Minnesota mengamati bahwa orang yang minum kopi setiap hari memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe 2. Setahun berselang, sebuah tinjauan besar dari 18 studi menunjukan bahwa mengonsumsi secangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 7%.

5. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum. Penyakit ini dapat mengakibatkan penurunan daya ingat, perubahan perilaku, dan kemampuan berpikir serta berbicara secara bertahap.

Tidak/belum ada obat yang diketahui dapat mengurangi gejala penyakit Alzheimer. Oleh karena itu, lebih baik untuk melakukan pencegahan, termasuk menjalani gaya hidup sehat dan rutin berolahraga. Selain itu, minum kopi diketahui dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer hingga 65%, menurut penelitian tahun 2010 dalam Journal of Alzheimer’s Disease.

6. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit
Parkinson

Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif kedua yang paling umum, tepat setelah Alzheimer. Penyakit ini disebabkan oleh kematian neuron penghasil dopamin di otak, yang membuat penderitanya sulit untuk melakukan aktivitas ringan sehari-hari, kehilangan keseimbangan, lebih lambat bergerak, mudah sekali terjatuh, dan bahkan tidak dapat berjalan.

Seperti halnya penyakit Alzheimer, tidak/belum ada obat yang diketahui dapat mengurangi gejalanya, sehingga lebih baik untuk melakukan pencegahan. Sebuah penelitian tahun 2007 yang diterbitkan dalam jurnal Movement Disorder, menunjukan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko penyakit Parkinson yang jauh lebih rendah sebanyak 32-60%, berkat kandungan kafein di dalamnya. Ini juga perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat dan olahraga secara rutin.

7. Dapat Melindungi Liver

Hati adalah salah satu organ yang berperan penting untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Beberapa penyakit umum termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak, sirosis hati, dan penyakit lainnya dapat mempengaruhi fungsi hati. Sebuah meta-analisis tahun 2017 yang dipublikasikan di jurnal BMJ, menyimpulkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko penyakit hati, termasuk penyakit hati berlemak, hepatitis, dan sirosis hati. Orang yang minum kopi mungkin juga memiliki risiko penyakit batu empedu yang lebih rendah.

Bahkan, sebuah penelitian tahun 2013 yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Milan dan sebuah tinjauan literatur tahun 2019, menemukan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko kanker hati sekitar 40%.

8. Menurunkan Risiko Kanker Kolorektal

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kanker kolorektal adalah jenis kanker yang ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal pada kolon atau rektum (usus). Tampaknya minum kopi dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. Seperti yang ditunjukan pada sebuah penelitian tahun 2014 dalam The American Journal of Clinical Nutrition yang melibatkan lebih dari 400.000 orang, menemukan bahwa peserta penelitian yang minum kopi setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal sebanyak 15%.

9. Tidak Menyebabkan Penyakit Jantung dan Dapat Menurunkan Risiko Stroke

Sebuah studi Harvard tahun 2006 menyimpulkan bahwa minum kopi tidak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebaliknya, minum kopi justru dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian lain tahun 2013 yang dilakukan oleh para peneliti dari Jepang juga menyimpulkan hal yang sama, yakni minum kopi dapat menurunkan risiko terkena stroke sebanyak 20%.

10. Dapat Meningkatkan Performa Fisik

Manfaat kopi bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat meningkatkan performa fisik. Hal ini karena, kafein dapat meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah dan merangsang sistem saraf dan memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tak mengherankan jika minum kopi dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12%, menurut Penelitiantahun 2005 dalam Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports.(*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan