DKPP Sumenep Lakukan KIE Wabah PMK Pada Peternak Hewan

  • Whatsapp
Kadis DKPP Sumenep Bersama Wakapolres Sumenep Saat Kunjungi Salah Satu Peternak Di Desa Batudingding Kecamatan Gapura
banner 468x60

JAVANETWORK.CO.ID.SUMENEP Dalam rangka mencegah penularan virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sumenep mendatangi peternak, Kamis (12/05/2022).

Kepala DKPP Sumenep, Arif Firmanto, STP, M.Si dalam kunjungannya, ” Kami DKPP Kabupaten Sumenep akan melakukan komunikasi, informasi serta edukasi (KIE) mengenai wabah PMK untuk bersama-sama mencegah virus PMK yang menyerang hewan ternak dibeberapa daerah di Jawa Timur, agar nantinya kabupaten Sumenep tidak terkonfirmasi wabah tersebut, “kata Kepala DKPP Sumenep di sela-sela kunjungannya di salah satu peternak di desa Batudingding Gapura Sumenep.

Bacaan Lainnya

banner 468x60

DKPP kabupaten Sumenep juga akan melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan fisik hewan ternak dan juga selalu menjaga kebersihan dilingkungan kandang, pakan dan pemberian vitamin sehingga tidak mudah terserang virus PMK.

“Kami harapkan peternak segera melaporkan apabila ada hewan ternak mengalami gejala-gejala penyakit mulut dan kuku pada ternaknya, ” harapnya.

Lebih lanjut, Arif Firmanto mengatakan, meskipun di kabupaten Sumenep masih relatif aman dan bebas dari virus PMK, namun DKPP bersama tim yang lainnya perlu mewaspadai penularannya karena resiko penyebaran virus PMK sangat tinggi, angka kesakitan mencapai 100 persen dan juga angka kematian sangatlah tinggi pada hewan ternak muda ataupun anak, namun yang jelas bagi pelaku usaha ternak hewan diharapkan untuk tidak panik dan selalu waspada dalam menghadapi virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Pihaknya sudah menyiapkan dokter hewan dan petugas paramedik Veteriner untuk memantau perkembangan sekaligus melihat kondisi kesehatan fisik hewan ternaknya, “Pungkas Kepala DKPP Sumenep.

Sementara pada kesempatan yang sama Wakapolres Sumenep Kompol Soekris Trihartono mengatakan,” Polres Sumenep dalam hal upaya migitasi penyebaran virus PMK hewan ternak akan bersinergi dan berkoordinasi dengan DKPP untuk penanganan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.

“Kami bersama pemerintah kabupaten siap untuk selalu melaksanakan pengecekan ke lapangan, baik untuk pendataan maupun pemeriksaan kesehatan hewan ternak, ” tegasnya.(RedJava/Humas)

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan