Berapa Jumlah TPS Pilkada 2024 Mendatang Ingin Tahu..? Berikut Penjelasan KPU Sumenep

  • Whatsapp
Komisioner KPU Sumenep Divisi Perencanaan dan Data Syaifurrahman
banner 468x60

JAVANETWORK.CO.ID.SUMENEP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur pastikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada Sumenep pada tanggal 27 November 2024 mendatang berjumlah 1.967 TPS.

Hal itu ditegaskan Komisioner Komisj Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep Divisi Perencanaan dan Data Syaifurrahman kepada awak media, Senin (10 Juni 2024).

Bacaan Lainnya

banner 468x60

“Berdasarkan hasil singkronikasi dengan KPU RI sudah fix berjumlah 1.967 TPS dan itu sudah sesuai dengan usulan yang kita usulkan sebelumnya,” kata Syaifurrahman.

Ia menjelaskan jumlah TPS untuk pilkada Sumenep 2024 mendatang berkurang dibandingkan pada Pilkada 2020 yang lalu, hal itu dikarenakan di setiap TPS lebih banyak pemilu sekitar 600 pemilih (orang).

“Pada pemilu 2020 yang lalu ada 300 orang, karena jumlah surat suara yang akan dicoblos ada lima jenis, sedangkan pada pilkada November mendatang hanya dua jenis surat suara,” terangnya.

Pada pemilihan umum untuk tahun 2024 mendatang kata Ketua Divisi Perencanaan dan Data Syaifurrahman itu hanya untuk pemilihan Kepala Daerah Kabupaten dan Kepala Daerah Jawa Timur.

“Namun pemetaan TPS yang dilakukan kita tetap mempertimbangkan aspek geografis untuk memudahkan akses pemilih dalam menggunakan hak suaranya,” ujarnya.

Lebih jauh ia menuturkan, Kabupaten Sumenep memiliki 48 pulau yang berpenghuni, kita tidak mungkin menggabungkan pemilih di pulau tertentu dengan pulau yang lain walaupun jumlahnya hanya 100 orang.

“Insyaallah dalam waktu dekat KPU akan menggelar rekrutmen petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) untuk melakukan pencocokan dan penelitian pemilih di pilkada 2024,” tandasnya. (REDJAVA****)

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan