Kendalikan Gulma Tanaman Padi, Babinsa Ambunten Timur Bantu Petani Lakukan Penyiangan

  • Whatsapp
Kendalikan Gulma Tanaman Padi, Babinsa Ambunten Timur Bantu Petani Lakukan Penyiangan. Rabu (01/05/2024)
banner 468x60

JAVANETWORK.CO.ID.SUMENEP – Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Ambunten Timur Koramil 0827/10 Ambunten, Serka Ahmad Yulianto bersama petani melaksanakan kegiatan pemeliharaan tanaman padi milik bapak Samsuli dengan membersihkan gulma dan rumput (matun).

“Rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu, dan akibatnya tanaman padi menjadi kurang subur, sehingga padi tidak bisa tumbuh dengan sehat dan mempengaruhi hasil panen,” kata Serka Ahmad Yulianto disela kegiatannya Rabu (01/05/2024).

Bacaan Lainnya

banner 468x60

Lebih lanjut Babinsa menjelaskan, penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan unsur hara, mempercepat pertumbuhan anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari.

“Pendampingan kami lakukan sejak pengolahan lahan hingga memasuki masa tanam. Termasuk penyiangan gulma yang merupakan salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil panen yang maksimal,” jelasnya.

Kegiatan yang dilakukan Babinsa semata-mata karena tugas pokok dan upaya khusus pertanian. Peran Babinsa ini sebagai motivator agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamanya di sawah.

“Kami sebagai Babinsa merasa terpanggil untuk terus mengawal para petani mulai dari penanaman sampai musim panen tiba, sehingga program pemerintah terkait swasembada pangan akan tercapai,” tegasnya. (REDJAVA/PENDIM****)

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan