Kolaborasi PWI dan Pemkab Sumenep, Gelar Isbat Nikah Massal Gratis

  • Whatsapp
Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo dan Bunda Paud Nia Kurnia Fauzi Bersama Ketua PWI Sumenep Syamsul Arifin di Sidang Isbat Nikah, Kerja Sama Pemkab dan PWI Sumenep (15/09/2023)
banner 468x60

JAVANETWORK.CO.ID.SUMENEP – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, menggelar isbat nikah massal secara gratis untuk empat kecamatan di Kabupaten Sumenep, meliputi Kecamatan Talango, Kota, Batuan dan Kalianget.

Isbat nikah hasil kerjasama PWI Sumenep bersama Pemkab Sumenep digelar di ruang pertemuan PPK Rumdis Bupati Sumenep, Jalan Jendral Sudirman, Lingkungan Demala, Pajagalan, Kecamatan Kota, Jumat (15/9/2023).

Bacaan Lainnya

banner 468x60

Ketua PWI Sumenep M. Syamsul Arifin dalam sambutannya menyampaikan, isbat nikah kerjasama PWI dengan Ketua TP. PKK yang juga menjabat anggota DPRD Sumenep dapil I Nia Kurnia Fauzi, dengan menggandeng PA.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, mengingat banyak pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah,” terangnya.

Pendaftar isbat nikah kali ini, lanjut Syamsul, cukup membeludak, jumlahnya mencapai 75 pasangan yang mendaftar, namun karena keterbatasan anggaran sehingga untuk pelaksanan isbat perdana tersebut hanya menerima 30 pasutri.

Ke depan, lanjut mantan aktivis PMII IAIN Sunan Ampel Surabaya itu, agenda serupa akan digelar dengan menggandeng sejumlah pihak, mengingat masih banyak pasangan suami istri yang pernikahannya belum tercatat dalam administrasi negara.

“Masih banyak di sejumlah daerah pernikahannya hanya sah secara hukum Islam, belum tercatat secara resmi di KUA. Tugas kami tidak hanya menulis berita, tapi ada juga tanggungjawab sosial yang kami emban,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo mengapresiasi pelaksanaan isbat nikah yang digagas PWI Sumenep bersama TP PKK setempat.

Menurut Bupati, isbat nikah akan sangat berguna bagi pasangan suami istri di masa mendatang, secara administrasi negara pernikahan perlu dicatat secara resmi karena berkenaan dengan administrasi kependudukan dan lain sebagainya.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, tujuan isbat nikah hanya satu, ingin memberikan kepastian hukum, demi masa depan dan generasi penerus,” terangnya.

Diakui orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep, kehadiran di acara pernikahan memiliki tanggungjawab yang sangat berat, karena pernikahan merupakan janji suci dan sakral.

“Hadir sebagai saksi nikah itu berat, saya jarang sekali mau, ini acara pertama yang saya hadiri selama menjadi bupati,” kata Bupati yang akrab disapa cak Fauzi ini.

Pantauan media, peserta isbat juga berkesempatan foto wedding bersama Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo dan ketua TP PKK Nia Kurnia Fauzi, di pelaminan dengan dekorasi wedding secara bergantian. (REDJAVA****)

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan