Bismillah Melayani Masyakarat, Pemdes Gayam Gandeng BPPKAD Sumenep Gelar Sosialisasi Pemutakhiran Data Obyek Pajak PBB P2

  • Whatsapp
Suasana Serah Terima Penyerahan Simbolis Dari Tim Pemutakhiran Data Obyek Pajak PBB P2 BPPKAD Sumenep Kepada Kades Gayam Pulau Sepudi
banner 468x60

JAVANETWORK.CO.ID.SUMENEP – Pemerintah Desa (Pemdes) Gayam Kecamatan Gayam, Pulau Sepudi dalam memberikan pelayanan masyarakat maksimal, salah satu terobosan terbaru dengan menggandeng BPPKAD Sumenep menggelar kegiatan sosialisasi pemutakhiran data obyek pajak PBB P2.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kades Gayam H. Asy’ari, SPd berlangsung di balai Desa Gayam, turut dihadiri Kades Gayam, Tim Monitoring Data Pajak PBB P2 BPPKAD Sumenep, Forkopimcam Gayam, Perangkat Desa Gayam, tokoh agama dan masyarakat setempat. Kamis (06/07/2023).

Bacaan Lainnya

banner 468x60

Mengawali sambutannya, Kades Gayam H. Asy’ari, SPd menyampaikan terima kasih kepada Tim Pemutakhiran Data Obyek Pajak PBB P2 BPPKAD Sumenep yang telah mengunjungi Desa Gayam dalam memberikan sosialisasi pemutakhiran data obyek pajak tanah.

“Saya mewakili masyarakat Desa Gayam pulau Sepudi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Nuruddin, Bapak Achmad Sugiharto bersama tim monitoring pemutakhiran data obyek pajak dari Kabupaten,” kata Kades Asy’ari, SPd.

Sedangkan, Plt Camat Gayam diwakili Kasi PMD, Nanang Aris Susanto, SSos mengatakan arti pentingnya program pemutakhiran data obyek pajak PBB P2 yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam mengantisipasi persoalan dan masalah obyek pajak tanah.

Selain itu, juga Nanang Aris Susanto menjelaskan ketidakhadiran Plt Camat Gayam dalam kegiatan sosialisasi di Desa Gayam pulau Sepudi ini berhubung ada kepentingan dinas di Sumenep.

Dirinya juga mewakili Plt Camat Gayam sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang positif dilakukan Pemdes Gayam dalam membuat dan memberikan kemudahan dalam persoalan pembayaran pajak PBB P2 non tunai.

“Yang jelas setelah dilakukan pemutakhiran data obyek pajak dengan pembuatan digitasi peta blok selesai, sudah tentu akan banyak kemudahan dan kejelasan tentang obyek pajak tanah di Desa Gayam yang akan dilanjutkan ke program PTSL dari BPN,” kata Nanang sapaannya.

Ia berharap langkah dan terobosan baru yang diinisiasi Kades Gayam H. Asy’ari SPd dapat diikuti desa-desa lainnya yang ada di Kecamatan Gayam.

Sementara itu, Tim Pemutakhiran Data Obyek Pajak PBB P2 BPPKAD Sumenep, Nuruddin, SSos, MSi memaparkan bahwa yang melatarbelakangi kegiatan sosialisasi ini adalah atas inisiatif dari Kades Gayam, H Asy’ari SPd.

“Kegiatan ini atas inisiatif dari Bapak Kades Gayam untuk mengatasi persoalan dan masalah terkait obyek pajak tanah di Desa Gayam, sehingga nantinya dari kegiatan ini bisa bermanfaat dalam mengantisipasi konflik permasalahan tanah dibawah, sekaligus memberikan kemudahan urusan lain, khususnya tentang SPPT tanah,” terang Nuruddin, SSos, MSi.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan pada BPPKAD Sumenep itu yang menjadi rujukan dalam pemutakhiran data pajak tanah untuk menuju digitasi peta blok ada 2 basis data PBB P2.

“Yang pertama Sistep yang sering kali menjadi penyebab terjadinya konflik dan permasalahan di tengah-tengah masyarakat, karna data Sistep merupakan obyek dan subyek yang hanya terdaftar dalam pengelolaan basis data,” paparnya.

Yang kedua kata Nuruddin, SSos, MSi menyebut basis data PBB P2 Sismiop merupakan sistem yang terintegrasi untuk mengolah informasi data obyek pajak PBB P2 dengan bantuan komputer dan terinput.

“Mulai dari pengumpulan data, pendaftaran, pendataan, penilaian, pemberian identitas obyek pajak, perekaman data, pemeliharaan basis data, pencetakan hasil keluaran sampai dengan pelayanan wajib pajak,” sambungnya.

Lebih lanjut, Nuruddin, SSos, MSi menerangkan tentang dasar, acuan dan pedoman yang akan dijadikan kegiatan pemutakhiran data obyek pajak di Desa Gayam adalah peta desa yang didapat dari Topdam V Brawijaya yang merupakan hasil MoU dengan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

“Ini wujud Bismillah Melayani Pemkab Sumenep kepada masyarakat. Dan semoga harapan kedepan setelah pemutakhiran data obyek pajak PBB P2 ini nantinya, Bapak Kades Gayam akan melanjutkan ke program PTSL BPN, kita bantu mendapatkannya,” pungkas Nuruddin, SSos, MSi. (REDJAVA****)

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan