Pemdes Paberasan Perkuat Ketahanan Pangan dengan Program Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (3P)

  • Whatsapp
Kepala Desa Paberasan Rahman Saleh, SE
banner 468x60

JAVANETWORK.CO.ID.SUMENEP – Pemerintah Desa Paberasan Kecamatan Kota Sumenep, Madura Jawa Timur, mendukung pemerintah dalam memperkuat ketahanan pangan dengan menyiapkan program pertanian, perkebunan berbasis peternakan (3P).

“Kami, dalam hal ini mendukung pengembangan potensi desa. Pemdes Paberasan kedepan akan melaunching program pertanian, perkebunan berbasis peternakan (3P),” ucap Kades Rahman Saleh, SE, Jum’at (05/05/2023).

Bacaan Lainnya

banner 468x60

Tujuan program 3P tersebut menurut Kades Paberasan Rahman Saleh, SE untuk mendukung pemerintah dalam hal ketahanan pangan nasional, Pemdes Paberasan harus juga membantu.

Sekretaris AKD Kecamatan Kota Sumenep itu memaparkan bahwa lahan Desa Paberasan cocok untuk pertanian, perkebunan dan peternakan, diantaranya tanaman padi, jagung, pisang dan pepaya. Sedangkan untuk peternakan dengan sasaran sapi betina produktif.

“Untuk tahun ini Pemdes Paberasan mengembangkan pertanian dan holtikultura, kemudian di tahun 2024 juga akan mengembangkan sapi betina produktif sebanyak 50 ekor dengan menggunakan DD dengan sistem bergulir,” terangnya.

Dirinya juga menyebut bahwa program tersebut akan dikelola oleh kelompok tani, kelompok ternak dan BUMdes yang di laksanakan dan di anggarkan tahun 2024 mendatang. Sehingga nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Paberasan.

Lebih jauh pihaknya menuturkan program terobosan yang dilakukan Pemdes Paberasan demi kepentingan masyarakat. Dan Desa Paberasan memiliki potensi besar dalam hal lahan pertanian, perkebunan dan peternakan.

“Semoga program ini bisa berjalan dengan lancar, karna Desa Paberasan itu memiliki potensi yang ada. Jadi program 3P bukan hanya produksinya yang dipikirkan, akan tetapi juga dalam pemasaran. Itu semua saya lakukan untuk Desa Paberasan agar terus berkembang,” pungkas Adik Kandung Ketua AKD Kabupaten Sumenep, Miskun Legiyono. (REDJAVA****)

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan