Praktis, 6 Cara Membuat Kopi Yang Nikmat dan Sehat

Javanetwork.co.id – Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak diperdebatkan mengenai manfaat positif dan negatifnya.  Kopi merupakan sumber antioksidan, selain buah-buahan, sayuran, rempah-rempah, herbal, buah, kacang, coklat tanpa pemanis dan teh. Selain itu, kopi juga mengandung nutrisi fenolik, asam klorogenat, dan senyawa lainnya yang sehat. Yuk, simak tips cara membuat kopi yang sehat.

Jika minum kopi menjadi salah satu rutinitas, sebaiknya mulai saat ini membuat kopi dengan cara yang lebih sehat.

1. Pilih Kopi Organik

Kopi yang biasa Anda minum banyaknya dijual tidak organik (cenderung disemprot mengandung pestisida) karena memang dihinggapi hama. Hal serupa tidak akan terjadi pada tumbuhan kopi yang dipelihara dengan cara organik dan bebas pestisida. Kopi atau teh organik lebih sehat dan mengandung manfaat nutrisi yang penuh.

2. Hindari Gula

Jika Anda suka kopi yang manis, pilih pemanis seperti gula kelapa organik. Gula kelapa organik lebih sedikit mengandung kalori sebanyak 3 gram dari gula pasir biasa.

Memang tidak terlalu besar bedanya, tapi lama kelamaan artinya Anda sudah mengurangi konsumsi gula Anda sebesar 25 persen dari biasanya. Gula kelapa mengandung mineral alami seperti kromium yang bagus untuk metabolisme tubuh Anda.

3. Gunakan Susu Nabati

Cara membuat kopi yang dicampur susu merupakan kombinasi nikmat yang dapat Anda rasakan sehari-hari. Namun, tahukah Anda kalau kopi Anda bisa lebih sehat dengan menggunakan susu nabati (terbuat dari tumbuhan)? Tambahkan susu nabati ke kopi Anda, campuran susu yang nikmat yaitu susu almond atau susu kedelai.

4. Tambahkan Kayu Manis

Kayu manis adalah herbal lezat yang dapat bercampur dengan baik dengan aroma kopi. Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan gula darah, kolesterol dan trigliserida pada diabetes. Jika Anda membutuhkan perasa, cobalah tambahkan sepotong atau sesendok teh serbuk kayu manis yang akan menambah kenikmatan rasa kopi.

5. Tambahkan Bubuk Kakao

Bubuk kakao atau cokelat mengandung banyak antioksidan dan sering dihubungkan dengan berbagai macam manfaat kesehatan, salah satunya termasuk menurunkan risiko penyakit jantung. Jika Anda menginginkan perasa dalam kopi Anda, cobalah tambahkan sedikit kakao  yang tidak diberi pemanis ke dalam kopi Anda.

6. Seduh Kopi Menggunakan Kertas Filter

Kopi seduhan biasa umumnya mengandung zat berbahaya yang dikenal sebagai zat diterpenes. Zat diterpenes dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Cara membuat kopi dengan menggunakan kertas filter, secara efektif bisa menghilangkan semua zat diterpenes, namun tetap menjaga kandungan kafein dan antioksidan dalam kopi.(*)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*