Kapolda Jatim, Mengedepankan Tiga Prinsip Dalam Menyikapi Konteks Persoalan di Masyarakat

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol M. Fadil Imran

Javanetwork.co.id, Surabaya – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol M. Fadil Imran menghadiri Apel Dansat TNI Angkatan Darat (AD) tersebar Kodam V Brawijaya, Tahun Anggaran (TA) 2020. Kegiatan tersebut bertempat di Balai Prajurit Kodam V Brawijaya, Rabu (9/9/2020).

Pada acara Apel Dansat TNI Angkatan Darat (AD) tersebar Kodam V Brawijaya turut hadir juga Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo, Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol M. Fadil Imran menyampaikan,
Saat ini kepemimpinan produktif lebih mengedepankan kepada prinsip-prinsip kolaborasi, komunikasi, dan koordinasi. Jadi, dalam konteks persoalan yang sedang kita hadapi seperti pandemi Covid-19, Pilkada, gangguan Kamtibmas, kita harus berkolaborasi, kita harus berkomunikasi.

“Fungsi deteksi dan monitoring kita harus kuat, misalnya ada isue tentang pilkada, issue tentang covid-19, issue tentang liga, dan issue tentang keamanan, kita hanya berfokus kepada penegakan hukum, maka hal tersebut yang menjadi persoalan. Sehingga, tiga poin penting yang perlu dilakukan melalui pendekatan-pendekatan emosional,” ucap Kapolda Jatim Irjen Pol M. Fadil Imran, Rabu (9/9/2020).

Dikatakan oleh Kapolda Jatim Irjen Pol M. Fadil Imran, jika kolaborasi bisa dilakukan oleh TNI/Polri di tingkat bawah, seperti Kapolsek dengan Danramil, dan Dandim Dengan Kapolres untuk melakukan monitoring dan deteksi, bisa melakukan komunikasi atau sharing informasi.

“Klaborasi, komunikasi dan koordinasi dalam melakukan intervensi, sebab prinsip untuk menghadapi suatu persoalan tidak bisa lagi dilakukan secara sendiri-sendiri. Akan tetapi persoalan yang hadapi orientasinya kepada pemecahan masalah,” kata Kapolda Jatim.

Selanjutnya ia menambahkan, jika ingin menjadi institusi yang dipercaya oleh masyarakat, maka harus melakukan apa yang diharapkan dan apa yang di minta oleh masyarakat.

“Kita harus tampil dan hadir sebagai pelindung, pengayom, pelayan, sahabat serta penolong masyarakat. Dalam situasi pendemi saat ini, kehadiran TNI Polri untuk memberikan pertolongan adalah sesuatu yang kita harapkan,” imbuhnya.

“Kepemimpinan satuan yang unggul terpercaya dan modern kedepan adalah Komandan yang mengedepankan, Kolaborasi, Komunikasi, dan Koordinasi,” Pungkasnya.(*/Mbah/Arm)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*