Bermain Pasir Kesukaan Anak-Anak, Berikut Ini Berbagai Manfaatnya

Foto Ist. Anak Bermain Pasir. By hs

Javanetwork.co.id – Kebanyakan anak terutama yang baru memasuki usia sekolah sedang senang-senangnya bermain di luar bersama teman-temannya. Dengan didorong rasa penasarannya, anak juga mulai belajar untuk mengeksplor alam di sekitarnya. Salah satu hal yang sering dilakukan anak saat bermain di luar adalah bermain dengan pasir yang memberikan berbagai manfaat untuk anak.

Manfaat Bermain Pasir Untuk Anak-Anak

Tidak heran bila orang tua kerap mengomel melihat anaknya pulang dalam keadaan kotor setelah bermain dengan pasir. Orang tua tentu khawatir bila sisa kotoran dari pasir tersebut akan berbahaya untuk kesehatan anak.

Nyatanya, membiarkan anak bermain pasir sesekali malah akan berakibat baik untuk perkembangannya. Berikut berbagai manfaatnya.

1. Bermain Pasir Melatih Kemampuan Motorik Anak

Bukan cuma kotor-kotoran, kegiatan ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik anak lho! Pergerakan seperti memindahkan pasir dari tempat satu ke yang lainnya dan bermain menggunakan sekop juga akan mengasah keterampilannya dalam menggerakkan tubuh.

Selain itu, saat mengangkat pasir yang ada dalam embernya, si kecil juga sekaligus melatih kekuatan otot-ototnya.

2. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi Anak

Anak-anak kerap menggunakan pasir untuk membuat sebuah bentuk seperti istana, gunung, atau apa pun yang mereka inginkan. Meski kelihatannya sepele, hal-hal kecil seperti inilah yang dapat membantu anak dalam membangun imajinasinya.

Dengan membiarkan anak bermain pasir, Anda mungkin akan mengetahui potensi lain yang tak pernah terlihat sebelumnya. Baik dari cara si kecil menggunakan benda-benda lain seperti mobil-mobilan sebagai pelengkap rumah pasirnya, atau bagaimana ia melakukan cara tertentu agar istananya tak mudah hancur.

Melalui kegiatan bermain inilah anak akan belajar untuk menciptakan sebuah produk dari awal sampai akhir.

3. Melatih Kemampuan Sensorik Anak

Bermain pasir punya manfaat kepada anak-anak untuk belajar tentang perbedaan tekstur dan melatih indra perabanya. Saat membentuk sesuatu dengan pasir dan air, anak akan merasakan perbedaan tekstur yang dihasilkan dari pasir yang dicampur dengan bahan lainnya.

Hal ini nantinya akan menjadi informasi baru yang akan diserap oleh si kecil.

4. Melatih Konsentrasi Anak

Terkadang, guru atau orang tua kewalahan menghadapi si kecil yang mudah teralihkan perhatiannya. Ternyata hal ini bisa dilatih saat anak bermain pasir. Anak tentunya memiliki gembaran atas bangunan apa yang akan dibentuk dengan menggunakan pasir.

Dalam setiap langkahnya, mulai dari menyentuh, menambahkan air, sampai menumpuk pasir, secara tak sadar anak telah dibuat fokus untuk mengerjakannya sampai selesai. Bermain pasir punya manfaat melatih anak untuk lebih berkonsentrasi pada tugas yang ada.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Siapa bilang anak harus lebih sering berada di rumah agar terhindar dari penyakit? Nyatanya, anak-anak yang lebih sering bermain di luar rumah malah memiliki daya tahan tubuh lebih baik daripada anak-anak yang jarang melakukannya.

Sedikit berkotor-kotoran akan membantu anak untuk tidak rentan terhadap penyakit.

Anak Tentu Boleh Bermain Pasir, Asalkan

Sebelum mengijinkan anak untuk bermain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kegiatan menyenangkan ini tidak berakhir pada hal-hal yang tak diinginkan.

Di mana pun tempatnya, pastikan pasir yang akan dimainkan bersih dan bebas dari kotoran hewan. Agar lebih aman, ajaklah anak bermain ke pantai yang masih bersih dan tidak memiliki sampah yang berserakan.

Awasi anak sepanjang bermain, terutama bila anak Anda masih berada pada umur lebih muda yang lebih memiliki tendensi untuk memasukkan benda ke dalam mulut.

Anda juga bisa membantu anak saat membentuk sebuah bangunan dengan pasir.

Hindari bermain dengan tanah basah seperti tanah merah karena dapat menjadi tempat berkumpulnya cacing dan parasit berbahaya.

Belilah pasir yang dibuat khusus sebagai mainan anak-anak.

Tempatkan pasir tersebut ke dalam kotak yang tertutup demi mencegah masuknya hewan-hewan kecil seperti semut atau serangga.

Ingatkan anak untuk selalu mencuci tangan sampai bersih setelah bermain dengan pasir.(*)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*