Dijaman Modern Saat Ini, Masih Ingatkah Sama Buah Jamblang! Berikut Manfaatnya

Foto. Ist Buah Jamblang by dr. Valda Garcia

Tidak Hanya Memiliki Rasa Yang Nikmat, Buah Jamblang Ternyata Juga Menyimpan Beragam Manfaat. Berikut Ini Ragam Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan!

Javanetwork.co.id – Pernahkah mengonsumsi buah jamblang? Belakangan, buah ini memang jarang ditemukan di pasaran. Meski demikian, manfaat buah jamblang bagi kesehatan ternyata sangat beragam.

Buah jamblang (Syzygium Cumini) memiliki bentuk menyerupai buah anggur dengan rasa yang khas, yaitu sepat masam. Buah ini memiliki warna hitam keunguan, berbentuk lonjong, berkulit halus, dan punya biji tunggal.

Buah jamblang atau juga dikenal nama duwet, jamun, jambul, malabar plum, indian blackberry, java plum, atau black plum. Buah ini biasa dimakan segar atau disajikan sebagai manisan. Di balik rasa dan bentuknya yang menawan, buah jamblang juga menyimpan beragam manfaat sehat. Yuk, cari tahu manfaat buah jamblang bagi kesehatan!

Deretan Manfaat Buah Jamblang bagi Kesehatan

Berikut ini adalah berbagai manfaat buah jamblang berdasarkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya:

1. Meningkatkan Kinerja Saluran Kemih

Manfaat buah jamblang yang pertama adalah membantu meningkatkan kinerja saluran kemih. Manfaat ini didapatkan berkat adanya kandungan asam galat di dalam buah tersebut.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Buah jamblang memiliki kandungan glukosida. Berkat adanya senyawa tersebut, buah ini berkhasiat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka robek atau luka bakar

3. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol 

Buah jamblang memiliki kandungan tanin, yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Dalam 100 gram buah jamblang terkandung 1,5-2 miligram zat besi, 16 miligram kalsium, 36 miligram magnesium, dan 16,7 miligram fosfor. Adanya kandungan tersebut membuat buah ini mampu membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

5. Menurunkan Risiko Anemia

Tak hanya baik untuk tulang dan gigi, kandungan zat besi di dalam buah jamblang juga dapat berperan dalam membantu proses pembentukan sel darah merah. Ini membuat Anda terhindar dari risiko anemia atau kurang darah.

6. Membantu Menurunkan Gula Darah

Meskipun memiliki rasa yang manis, kandungan oleanolic di dalam buah jamblang ternyata dapat menjaga kadar gula darah agar tidak meningkat. Ini membuat buah jamblang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes

7. Membantu Memperlancar Pencernaan

Buah jamblang mengandung tinggi serat. Jika dikonsumsi secara rutin dan teratur, manfaat buah jamblang yang bisa Anda rasakan adalah mengatasi konstipasi atau sembelit, gangguan usus, mual, diare, dan disentri.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C di dalam buah jamblang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Karena itu, konsumsi buah ini secara rutin dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit infeksi, seperti pilek, asma, atau penyakit menular lainnya.

9. Menjaga Kesehatan Gusi

Buah jamblang banyak diolah untuk diambil ekstraknya, agar lebih mudah dikonsumsi. Ekstrak buah jamblang juga banyak digunakan untuk membantu mengatasi kondisi gingivitis atau radang gusi, lho!

10. Memiliki Sifat Antikanker

Peneliti berpendapat bahwa kandungan fitokimia bioaktif di dalam buah jamblang, termasuk senyawa polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat antikanker dan kemo-preventif.

Tak hanya itu, senyawa tersebut juga diduga efektif untuk menunjang pengobatan kanker, jantung, dan hati.

Tertarik dengan ragam khasiat buah jamblang seperti yang telah disebutkan? Jika ya, pastikan untuk tidak lupa memasukkan buah jamblang ke dalam menu sehari-hari. Tetap ingat untuk memerhatikan porsi saat mengonsumsinya, agar Anda hanya merasakan manfaat buah jamblang tanpa mengalami efek samping merugikan.

Nah, agar bisa merasakan manfaat buah jamblang dengan lebih optimal, pastikan untuk menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat. Jangan lupa juga untuk berolahraga rutin, cukup tidur, kelola stres dengan baik, dan hindari rokok maupun alkohol.(*)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*