Mengonsumsi Jantung Pisang Banyak Manfaat Untuk Kesehatan, Yuk! Kita Simak

Foto Ilustrasi: Jantung Pisang
Mengonsumsi jantung pisang atau bunga pisang bisa sangat bermanfaat bagi tubuh. Yuk, simak berbagai khasiat jantung pisang yang baik untuk kesehatan

Javanetwork.co.id – Dalam kesehatan, petuah “mencegah lebih baik daripada mengobati” benar adanya. Untuk itu, hal yang umum dilakukan adalah menerapkan pola hidup sehat, termasuk konsumsi makanan bergizi. Salah satunya adalah jantung pisang. Lho, memang ada manfaat jantung pisang untuk kesehatan?

Nutrisi yang Terkandung pada Jantung Pisang

Jawabannya tentu saja ada! Sama seperti buahnya, jantung pisang atau bunga pisang juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.

Bahan yang satu ini merupakan sumber yang baik untuk mendapatkan vitamin, mineral, maupun serat.

Tidak hanya itu, jantung pisang juga mengandung fitokimia tertentu, yang bisa berperan sebagai antioksidan. Secara lebih lengkap, berikut informasi nutrisi yang ada pada tiap 100 gram jantung pisang.

Kalori: 51 Kcal.
Protein: 1,6 g.
Lemak: 0,6 g.
Karbohidrat: 9,9 g.
Serat: 57 g.
Kalsium: 56 mg.
Fosfor: 73,3 mg.
Zat besi: 56,4 mg.
Tembaga: 13 mg,
Kalium: 553,3 mg.
Magnesium: 48,7 mg.
Vitamin E: 1,07 mg.

Ragam Manfaat Jantung Pisang bagi Tubuh

Bagi sebagian orang, jantung pisang bukan bahan asing dalam masakan. Bunga pisang yang berwarna ungu ini cukup banyak diolah dalam bentuk gulai atau tumis jantung pisang. Rasanya pun enak jika dicampurkan bahan makanan lainnya.

Akan tetapi, selain enak, ternyata ada banyak manfaat jantung pisang bagi tubuh, yaitu:

Menyembuhkan Infeksi

Khasiat jantung pisang yang pertama adalah dapat menyembuhkan infeksi. Ini karena adanya kandungan etanol, yang  dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri patogen.

Tak hanya infeksi, jantung pisang juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah pertumbuhan malaria.

Sebuah penelitian tentang hal ini pernah diterbitkan pada 2010. Mumtaz Jahan penulis penelitian tersebut mengatakan bahwa ekstrak etanol yang diperoleh dari jantung pisang, memiliki manfaat tersebut

Mengatasi Diabetes dan Anemia

Jantung pisang dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin dalam tubuh.

Selain itu, kandungan jantung pisang, yakni serat dan zat besi, dapat membantu memproduksi sel darah merah sehingga mengatasi gejala anemia.

Meningkatkan Laktasi

Bagi para ibu yang sedang menyusui, jantung pisang sangat baik dikonsumsi. Selain itu, jantung pisang juga dipercaya dapat menjaga kesehatan rahim dan mengatasi sembelit selama masa kehamilan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengombinasikan jantung pisang dengan rempah-rempah.

Melawan Radikal Bebas

Manfaat jantung pisang berikutnya adalah membantu untuk melawan radikal bebas. Ini tak lain karena banyaknya antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Selain memerangi radikal bebas, bunga pisang juga membantu mengobati kanker dan penuaan dini.

Agar memperoleh hasil yang maksimal, Anda bisa menambahkan suplemen kesehatan untuk meningkatkan manfaat dari sifat antioksidannya.

Masalah Menstruasi

Menurut situs Himalayan Home Remedies, mengonsumsi jantung pisang dengan yoghurt adalah salah satu cara paling efisien untuk mengobati perdarahan yang berlebihan saat menstruasi.

Kombinasi ini dapat meningkatkan progesteron dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat mengurangi perdarahan yang berhubungan dengan menstruasi.

Sumber Vitamin dan Mineral yang Kaya

Seperti sudah disinggung sebelumnya, jantung pisang adalah sumber vitamin C, A, E, serat dan kalium. Mengonsumsinya tentu dapat mendukung kesehatan Anda.

Memelihara Kesehatan Saluran Cerna

Bunga pisang kaya akan serat larut dan tidak larut. Serat larut memungkinkan makanan melewati saluran pencernaan dengan mudah karena larut dalam air dan membentuk gel.

Sementara itu, serat tidak larut membantu sebagian besar produk yang tidak tercerna karena tidak larut dalam air. Keduanya meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan yang sehat.

Saat belanja ke pasar tradisional atau swalayan dan menemukan jantung pisang, jangan ragu untuk menjadikannya variasi dalam masakan. Jika diolah dengan tepat, banyak manfaat jantung pisang bagi kesehatan. Namun ingat, ya, konsumsilah secukupnya dan jangan berlebihan.(*)

Oleh dr. Bobtriyan Tanamas

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*