Pandemi Covid-19#DirumahAja, Lebih Baik Pakai Bra Atau Tidak, Yuk! Ikuti Ulasannya 

Foto Ist. by Tamara Anastasia
Tidak sedikit wanita yang mungkin tidak menggunakan bra selama #Stay At Home#DiRumahAja. Kira-kira adakah dampak buruk bila berada di rumah tanpa bra?

Javanetwork.co.id – #DiRumahAja, selama pandemi memang membuat Anda bebas melakukan apa saja. Selain tidak perlu pakai makeup saat bekerja, banyak wanita yang jadi jarang mengenakan “Bra” selama di rumah.

Apakah Bahaya Jika Tidak Memakai “Bra” Selama Dirumah?

Bra memang jadi kebutuhan penting bagi setiap wanita di dunia. Bra dapat membuat postur tubuh menjadi tampak proporsional, serta jadi salah satu elemen penting untuk menopang dan melindungi setiap payudara wanita. Bra yang berkawat dan yang tidak sama-sama banyak diminati wanita dan keduanya punya keunggulan masing-masing.

Namun, di masa pandemi seperti saat sekarang, penggunaan bra sepertinya tidak terlalu diutamakan, karena banyak yang bekerja dari rumah dan tidak pergi keluar rumah.

Bahayakah bila sering tidak menggunakan bra? Mengingat banyak mitos yang mengatakan, bahwa jarang memakai bra bisa membuat payudara jadi kendor.

dr. Devia Irine Putri menjelaskan, menggunakan bra maupun tidak, keduanya sama-sama memberikan keuntungan. “Kalau tidak memakai bra, maka sirkulasi darah pada payudara akan lebih lancar ketimbang saat mengenakan bra. Kemudian, jika tidak menggunakan bra bisa mengurangi rasa sesak di dada dan membuat dada jadi tidak mudah berkeringat,” jelas dr. Devia.

Selanjutnya, Ia menambahkan, Hingga saat ini masih belum ada penelitian pasti dan membuktikan bahwa tidak menggunakan bra bisa membuat payudara jadi kendur. Namun, kemungkinan-kemungkinannya tetap ada.

Secara keseluruhan, tidak ada bahaya husus yang menimpa seorang wanita bila tidak menggunakan bra selama berada di rumah.” imbuhnya.

Meski begitu, bukan berarti bra sama sekali tidak bermanfaat, ya. Dokter Devia menjelaskan, bra juga berguna untuk membantu posisi payudara tetap baik. Ini sebagai pendukung agar otot dada dan jaringan payudara tetap terjaga. Misalnya, saat olahraga di mana penggunaan sport bra bisa bantu menguatkan otot dada.

Hindari Memakai “Bra” Selama 24 Jam

Walau tidak ada bahaya yang ditimbulkan bila tidak menggunakan bra, namun bukan berarti tidak boleh memakai bra. Hanya saja, jangan memakai bra selama 24 jam karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan payudara atau bagian tubuh lainnya.

Penggunaan bra terlalu lama, terlebih bila bra yang digunakan terlalu ketat justru bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Sementara itu, Dokter Dyah Novita Anggraini menjelaskan, ada beberapa dampak yang mungkin bisa dirasakan, yaitu:

1. Iritasi Kulit

Menggunakan bra terlalu ketat bisa membuat kulit di sekitar payudara jadi iritasi, sebab keringat yang menempel pada dada dan tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama.

2. Gangguan Sirkulasi Darah di Sekitar Payudara

Mengenakan bra terlalu lama dan ketat juga bisa menyebabkan penekanan pada pembuluh darah dan saraf di area lengan, bisa membuat sirkulasi darah jadi terhambat.

3. Gangguan Pernapasan

Bra yang menempel pada payudara, pasti secara tidak langsung akan menekan dada. Gangguan pernapasan bisa saja terjadi ketika menggunakan bra terlalu lama, karena adanya penekanan tulang dan otot iga di daerah dada.(*/Fr/Ayu/Rpm)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*