PPDB di Sumenep Digelar Secara Online, Berikut Jadwal Pendaftarannya

Kepala Cabang Dinas pendidikan Jawa Timur, Kabupaten Sumenep, H. Syamsul Arifin S,Pd.M,Si

Javanetwork.co.id, Sumenep – Ditengah pendami virus corona atau covid-19, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Sumenep mengalami perubahan.

Siswa yang semula bisa melakukan pendaftaran langsung ke sekolah saat ini sudah tidak lagi diperbolehkan karena sepenuhnya harus dilakukan secara daring atau online.

Kepala Cabang Dinas pendidikan Jawa Timur, Kabupaten Sumenep, H. Syamsul Arifin S,Pd.M,Si mengatakan, penerimaan PPDB secara online mengacu kepada Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur
nomor : 188.4/2336/101.7.1/2020
tentang petunjuk teknis PPDB 2020/2021.

Dalam surat keputusan itu dijelaskan bahwa pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA negeri, SMK negeri dan SLB negeri Provinsi Jawa Timur tahun pelajaran 2020/2021 harus dilakukan secara online.

“Sesuai juknis PPDB Provensi Jawa Timur semuanya harus melalui daring, baik itu pendaftaran, verifikasi pemberkasan bahkan pengumuman penerimaan siswa baru,” terangnya

Sementara untuk wilayalah kepulauan, lanjut Syamsul yang rata-rata tidak bisa mengakses internet maka pendaftarannya bisa dilakukan secara ofline.

“Manakala ada sekolah di kepulauan yang tidak terakses internet itu bisa dilakukan secara ofline tapi laporan kami ke provensi tetap online,” terangnya, Jum’at (08/05/2020)

Dikatakan oleh Syamsul, PPDB tingkat SMA tahun pelajaran 2020/2021 dapat diakses menggunakan lima jalur pendaftaran, yaitu jalur Afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua, jalur prestasi, Jalur Zonasi dan jalur prestasi rerata nilai rapor dan nilai UN sekolah th 2019.

Sementara untuk PPDB tingkat SMK bisa diakses menggunakan empat jalur, yaitu Afirmasi, perpindahan tugas orang tua, Prestasi hasil perlombaan dan Jalur reguler SMK.

“Setiap jalur pendaftaran mempunyai kuota masing-masing, kalau Afirmasi kuotanya 15%, perpindahan tugas orang tua dan Prestasi hasil perlombaan 5%, jalur prestasi rerata nilai rapor dan nilai UN sekolah tahun 2019 25% dan Reguler SMK 75%,” pungkasnya.(Nri/Pm)

Berikut jadwal pendaftaran calon peserta didik untuk tingkat SMA dan SMK.

Bagikan di sini!

3 Komentar

  1. Alhamdulillah
    Smoga PPDB online thn ini semuanya berjalan lancar
    Memuaskan dan lebih baik dari tahun lalu….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*