Guna Berikan Pelayanan Yang Merata, Perpusda Sumenep Kembangkan Perpustakaan Berjalan

H. A. Masuni Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Sumenep

Javanetwork.co.id, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan kearsipan kembangkan pelayanan perpustakaan berjalan yang dipetuntukkan kepada anak-anak yang berada di desa-desa terpencil.

Pelayanan perpustakaan berjalan ini diberikan agar supaya anak-anak yang berada di daerah terisolir juga dapat mengenyam pelayanan literasi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan H. Masuni mengatakan, untuk saat ini pihaknya sudah menyiapkan 2 unit kendaraan roda tiga yang nantinya akan dijadikan sarana untuk mengantar buku-buku kedaerah terpencil.

“Kami sekarang sudah membeli 2 unit kendaraan roda tiga dan itu nanti kami pergunakan untuk datang ke kampung-kampung terpencil,” ungkapnya

Meneurut Masuni, keberadaan anak-anak di desa terpencil perlu yang namanaya perhatian lebih, agar supaya anak-anak yang ada di daerah tersebut juga bisa merasakan pelayanan literasi.

“Didaerah terpencil yang rata-rata masyarakatnya miskin, orang tua tidak berfikir untuk membeli buku anaknya, dia hanya memikirkan untuk makan sehari-hari, jadi kami sebagai insan literasi wajib hukumnya memperhatikan derah tersebut,” jelasnya

Disamping itu, mantan kepala DPMD Kabupaten Sumenep ini mengatakan bahwa dalam pelayanan perpustakaan keliling tersebut akan dilengkapi dengan instruktur pembaca dongen.

“Jika nanti anak-anak hanya disuruh membaca tanpa ada yang mengarahkan itu hanya akan membuat mereka bosan, oleh sebab itu, nanti kami akan bawa sorang instruktur yang nantinya akan membacakan dongeng kepada anak yang ada di sana,” terangnya

Sedangkan untuk kedepan, pihaknya berinisiatif untuk membeli 1000 kendaraan roda tiga guna disebar diseluruh wilayah yang ada di Kabupaten Sumenep baik itu daratan maupun kepulauan.

“Ditahun 2020 ini kami targetkan Kabupaten Sumenep sudah mempuyai 1000 kendaraan roda tiga agar supaya semua masyarakat bisa merasakan pelayanan literasi,” pungkasnya.(Nri/PM)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*