Polsek Prenduan Bersama Danramil Bersinergi Lakukan Pengecekan Embung Untuk Antisipasi Banjir

Kapolsek bersama Danramil Prenduan saat ngecek Embung

Javanetwork.co.id, Sumenep – Dalam rangka mengatisipasi banjir dimusim penghujan seperti saat ini, Polsek Prenduan bersama dengan Koramil Pragaan gelar giat pengecekan Dearah Aliran Sungai (Embung) yang berada di Desa Larangan Perreng, Kamis (09/01/2020)

Pengecekan embung dilakukan langsung oleh Kapolsek Prenduan, Iptu A. Supriyadu, SH, bersama dengan Danramil Pragaan, Bripka Erfan Rifandi, di Dusun Sumber Gentong, Desa Larangan Perreng, Kecamatan Pragaan.

Iptu A. Supriyadi, SH, mengatakan, pengecekan embung yang dilakukan oleh personil gabungan tersebut guna memastikan keadaan aliran sugai yang ada di Kecamatan Pragaan.

“Giat pengecekan ini kami lakukan guna memastikan keadaan aliran air, agar supaya jika ada hujan besar yang melanda desa tersebut embung dapat berfungsi maksimal sehingga tidak mengakibatkan luapan air,” ungkapnya disela-sela kegiatan yang mereka lakukan.

Supriyadi menjelas, di musim penghujan seperti saat ini rentan terjadi luapan air dikarnakan aliran air yang tidak berfungsi dengan maksimal.

“Rata-rata musibah banjir yang melanda saudara kita yang ada diluar dikarnakan embung tidak berfungsi dengan baik,” ungkapnya

Masih tetap kata Supriadi, Banyak penyebab yang mengakibatkan penyumbatan daerah aliran air yang akhirnya berdampak bencana banjir.

“Rata-rata tumpukan sampah yang menjadi penyebab utama terjadinya banjir dan kebanyakan sampah tersebut berasal dari sampah rumah tangga,” ungkapnya

Oleh sebab itu, pihanya menghimbau kepada masyarakat agar supaya tidak membuang sampah di daerah aliran air.

“Saat ini perilaku dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membuang sampah harus lebih ditingkatkan mengigat kondisi saat ini banyak musibah banjir di karnakan penyumbatan aliran air,” Pungkasnya.(PM/NRI)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*