Sosialisasi PBB-P2, Cara BPPKAD Sumenep Kembalikan Gairah Masyarakat Untuk Taat Pajak

sosialisasi optimalisasi pembayaran pajak bumi dan bangunan pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2019

Javanwtwork.co.id, Sumenep – Kesadaran dan kepedulian sukarela Wajib Pajak masih belum mencapai tingkat sebagaimana yang diharapkan, terbukti dengan banyaknya tunggakan pajak yang dilakukan oleh wajib pajak.

Banyak dari kalangan masyarakat wajib pajak yang masih merasa sinis dan kurang percaya terhadap keberadaan pajak karena masih merasa sama dengan upeti, “memberatkan”.

Dari banyaknya masyarakat yang masih enggan membayar pajak, membuat Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Sumenep melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kembali gairah masyarakat untuk membayar pajak.

Salah satu cara yang dilakukan oleh BPPKAD adalah melakukan sosialisasi optimalisasi pembayaran pajak bumi dan bangunan pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2019.

Dalam sosialisasi kali ini, BPPKAD Sumenep tidak hanya bekerja sendirian melainkan melibatkan berbagai pihak, seperti, aperatur Kecamatan dan Desa.

Suhermanto, selaku Kepala Bidang (Kabid) Penagihan mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi PBB-P2 mempunyai tujuan mengembalikan gairah dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak tanah.

“Tujuan kami turun langsung ke lapangan memberikan sosialisasi guna meningkatkan kembali gairah masyarakat untuk membayar pajak tanah, mengingat serapan pendapatan khusus pajak PBB-P2 sampai saat ini masih jauh dari target retribusi daerah yang sudah ditentukan,” ungkapnya Kamis (5/12/2019).

Dalam sosialisasi tersebut, Suhermanto juga memberikan penjelasan tentang kemudahan dalam membayar pajak. Bahkan pihaknya menyebut bahwa untuk saat ini masyarakat sudah di berikan pilihan untuk melakukan pembayarannya.

“Kami terus berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat seperti hanya sistem pembayaran pajak. Untuk saat ini masyarakat bisa langsung membayar kepada aparatur desa dan juga bisa dilakukan dengan pembayaran non tunai melalui Bank Jatim,” jelasnya

Disamping itu, Pihaknya juga mengaku melakukan upaya lain untuk mengingatkan masyarakat agar berantusias membayar PBB.

“Upaya lain yang kami lakukan untuk saat ini iyalah memasang famlet di daerah strategis di seluruh desa se Sumenep. Dengan materi mengajak secara santun kepada masyarakat untuk taat membayar pajak,” pungkasnya.(PM/RIE)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*