Bupati Sumenep: DD Pergunakan Untuk Peningkatan SDM Sebagai Subjek Pembangunan Desa

Bupati Sumenep DR. KH. Busyro Karim, M.Si

Javanetwork.co.id, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep gelar bursa inovasi desa di empat kecamatan yang ada di kabupaten Sumenep, Senin 03/04/2019. Empat kecamatan tersebut meliputi kecamatan Ambunten, Pasongsongan, Rubaru, dan Dasuk.

Pantauan dilokasi kegiatan tersebut di ikuti oleh 250 orang yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kepala Desa, Ketua BPD, tokoh masyarakat, pendamping Desa, pendamping lokal desa dan tim pelaksana inovasi Desa.

Dalam sambutannya Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim menekankan Pemerintahan Desa tidak hanya memfokuskan Dana Desa (DD) untuk pembangunan infrastruktur saja, namun harus merubah prioritas pemanfaatannya, guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat.

“Saya berharap Pemerintahan Desa harus merubah program DD yang selama ini sasarannya pembangunan fisik, seperti jalan paving dan gapura, kepada sektor peningkatan SDM masyarakat sebagai subjek pembangunan Desa,” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, pada Bursa Inovasi Desa di Kecamatan Ambunten, Senin (02/09/2019).

Bupati menyatakan, Pemerintahan Desa juga harus memberi perhatian khusus terhadap aspek SDM sebagai kelanjutan pembangunan Desa, setelah sebelumnya DD itu prioritasnya pembangunan infrastruktur. Apalagi, mulai saat ini, pemerintah pusat memfokuskan salah satu program prioritas utamanya adalah meningkatkan SDM, sebagai upaya memenuhi kebutuhan kesejahteraan ekonomi Desa.

“Presiden Jokowi dalam pemerintahan selanjutnya bukan pembangunan infrastruktur, melainkan menggenjot pembangunan Sumber Daya Manusia. Jadi, kita harus merespon dengan membuat terobosan menyukseskan program pemerintah itu.” terangnya.(Rie/Rah)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*