DLH Sumenep Lakukan Pembersihan Sampah Kali Patrean dan Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep Bersama TNI/Polri dan Unsur Masyarakat yang peduli terhadap Lingkungan bersihkan sampah di Kali Patrean

Javanetwork.co.id, Sumenep – Dalam rangka menumbuh kembangkan pemikiran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep kerjasama dengan Dinas Sumber Daya Air, TNI, POLRI dan segenap lapisan masyarakat melaksanakan bhakti sosial membersihkan kali patean yang berada tepat di perbatasan Desa Bangkal, Desa Kacongan dan Desa Parsanga Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep, Minggu (25/08/2019).

Kerja bhakti pembersihan sampah di kali patrean tersebut, dilakukan tepat di dekat Jembatan penghubung antara Desa Parsanga dengan Desa patoan dan Bangkal. Tercatat, ada ratusan orang yang diterjunkan ke aliran kali patrean untuk mengambil sampah yang berada di aliran sungai, termasuk di setiap lorong jembatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs. H. Koesman Hadie, M. Si mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah konkrit dari pemerintah guna menumbuh kembangkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup.

“Kerja bhakti antar sektor ini merupakan langkah awal untuk menyadarkan masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan sekaligus membantu pemerintah dalam menangani masalah sampah yang memadati Daerah Irigasi.” terangnya

Pihaknya mengungkapkan bahwa untuk saat ini sampah sudah menjadi masalah besar untuk kabupaten Sumenep pasalnya tumpukan sampah semakin hari semakin bertambah banyak dan sebagian besar sampah tersebut merupakan sampah rumah tangga.

“Untuk saat ini perilaku dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membuang sampah masih rendah terbukti dengan banyaknya sampah rumah tangga yang berceceran di kali Patean ini.” terangnya

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat baik yang berada di daerah sekitar ataupun masyarakat luar untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi.

“Saya dapat informasi bahwa sampah-sampah yang ada sekitar kali Patrean ini kebanyakan bersumber dari masyarakat luar dan saya berharap setelah adanya kegiatan ini tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah ke kali patean ini.” Pungkasnya.(Rie/Rah)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*