Turut Pergolakan Zaman, Untuk Tingkatkan Produk UMKM

Sekretaris Daerah Sumenep Ir. Edy Rasiyadi, M.Si

Javanetwork.co.id, Sumenep – Guncangan perekonomian rakyat yang meledak berdampak pada sempitnya peluang kerja, Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan primadona ditengah-tengah masyarakat yang haus akan lapangan pekerjaan.

Jalan pintasnya adalah mencoba untuk berbisnis, mencoba mandiri dalam hal berkreatifitas ataupun berkarya. Terbukti, sektor UMKM menjadi pilar perekonomian yang tangguh dengan menjadi motor penggerak perekonomian di Indonesia secara umum.

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus dinamis dalam artian ikut pada pergolakan zaman seperti contohnya. Para pelaku UMKM wajib memahami teknologi informasi untuk menunjang efesiansi biaya pemasaran dan jangkauan pemasarannya lebih luas.
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Edy Rasiyadi pada acara Sosialisasi Pengembangan dan Peningkatan Daya Saing Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Hotel Utami, Rabu (24/04/2019).

Dalam hal ini, pelaku UMKM ditekankan untuk mengatur strategi kreatif agar produk-produknya selalu diminati dan dikenal oleh banyak konsumen, sehingga peningkatan kualitas usahanya, dapat berdaya saing di pasar.

Ia menjelaskan, untuk pelaku UMKM dalam rangka mengembangkan usaha yang sudah berjalan harus memanfaatkan perkembangan teknologi informasi sebagai alat pemasaran guna mengefeiensi biaya pemasarannya dan memperluas jaringan terhadap konsumen.

“Pelaku UMKM harus memanfaatkan kecanggihan teknologi sebagai jendela dalam memasarkan produk- produknya agar memiliki daya jangkau luas seperti usaha lainnya yang telah sukses menggunakan teknologi untuk mengembangkan perusahaan atau usahanya,” tetangnya.

Kemudian lanjut ia, sudah saatnya para pelaku UMKM harus berpikir luas dengan cara memanfaatkan kecanggihan teknologi, Manakala pelaku UMKM pola pikirnya hanya fokus pada manajemen tradisional dengan menjual produknya di sekitar Kabupaten Sumenep saja, tentunya pemasarannya tidak begitu luas, sehingga bisa tersingkir dari persaingan.

“seusai memanfaatkan teknologi informasi untuk alat pemasaran, pelaku UMKM juga lebih meningkatkan kemasan produk yang harus di desain dengan kreatifitas unggil. Karena, Kemasan produk adalah faktor utama dalam menunjang respon pasar yang kian hari semakin dinamis,” ucapnya pada wartawan.(HB/RPM)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*