TI dan UMKM: Kadis Kominfo Sumenep, Manfaatkan Sebagai Manajemen Pemasaran, Berikut Penjelasanya

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sumenep, Drs. Koesman Hadie, M.Si

Javanetwork.co.id, Sumenep – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep, Drs. Koesman Hadie, M.S menghadiri acara Bimtik
bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam pengembangan usaha, maka dengan
Seiring kemajuan Teknologi Infomasi (TI) dapat memanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan. kegiatan terseut yang bertempat di ruang Laboratorium AKNS Batuan, Sumenep, (11/4).

Dalam kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) tersebut, berlangsung sejak tanggal 11 hingga 12 April 2019 dengan jumlah peserta Bimtek sebanyak 20 orang dan menerima materi dasar serta melakukan praktek memanfaatkan layanan Google Bisnisku. Sedangkan untuk pemateri yang dihadirkan ada tiga pemateri yakni Intan Dwi Asarri, Feri Setiawan, dan Intan Kusuma Dewi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sumenep, Drs. Koesman Hadie, M.Si menyampaikan, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) penting sekali untuk memasarkan hasil produksinya. Era digital saat ini agar betul-betul di manfaatkan, karena sebagai manajemen promosi dari hasil produksi untuk diketahui oleh masyarakat, sehingga mudah dalam memasarkan.

“Saat ini dunia digital, banyak berbagai macam aplikasi, ada aplikasi “Google Bisnisku” yang sangat cocok untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” ucap Koesman Hadie, kamis (11/4/2019).

Selanjutnya Kusman mengungkapkan, bahwa dalam meningkatnya TI saat ini dapat dijadikan sebagai manajemen pemasaran produk yang sangat strategis. Manfaat dari TI tersebut lebih mempermudah dalam melakukan pemasaran dari pada dilakukan secara manual, karena dapat menjangkau keseluruh pelosok. Dengan adanya pemasaran yang jangkauanya bertambah luas, maka dapat menyentuh semua kalangan tanpa ada batasan.

“Tentu saja dapat memberikan dampak yang positif, meningkatnya hasil penjualan dan pendapatannya,” ungkapnya.

Diharapkan bagi para pelaku UMKM, dengan tersedianya aplikasi Google Bisnisku dapat dijadikan sebagai manajemen pemasaran produk. sehingga masyarakat dapat mengakses informasi usahanya di internet. Selain memasarkan secara tradisional, juga melalui layanan digital untuk merambah manajemen pemasaran bagi UMKM.

“Pengembangan bisnis dan meningkatkan kesejahteraan, agara memanfaatkan aplikasi digital di Google,” tukasnya.(PM/RPM)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*