Mengungkap Bokong Gede Jadi Sexy! Berikut 3 Rahasia Untuk Mengecilkanya

Foto : Ilustrasi

Javanetwork.co.id – Banyak wanita mengidam-idamkan ukuran bokong yang ramping, terutama, bagi mereka yang ingin mengurangi berat badan. Praktisnya, hal ini sudah bisa dilakukan dengan cepat melalui operasi, lho. Namun sayang,  Anda butuh merogoh kocek yang cukup dalam supaya bisa mendapatkan bentuk bokong yang diinginkan. Nah, sebenarnya Anda bisa mengecilkan bokong dengan cara lain yang lebih murah dan aman, kok.

Cara mengecilkan bokong selain operasi

Mengecilkan ukuran bokong berarti menghilangkan lemak di bokong yang berlebihan. Kenapa? Lemak yang berlebihan akan membuat otot sekitar bokong, seperti gluteus maximus, gluteus minimus, dan gluteus medius jadi mengendur. Supaya otot tersebut mengencang dan membuat bokong Anda lebih ramping, lemak tersebut harus dihilangkan.

Bila dibandingkan dengan operasi, menghilangkan lemak di bokong dengan cara alami memang membutuhkan kerja keras dan waktu yang cukup lama. Untuk itu, Anda harus memantapkan hati jika hasilnya ingin maksimal. Nah, beberapa cara yang bisa Anda lakukan, meliputi:

1. Jaga pola makan Anda

Menghilangkan lemak di bokong tidak pernah lepas dari pola makan. Sama seperti orang yang ingin menurunkan berat badan, Anda harus mengurangi asupan harian dan memperbanyak pembakaran kalori. Tujuannya, supaya tubuh menggunakan lemak yang tertimbun sebagai energi cadangan dan berat badan akan menurun.

Akali dengan memilih bahan makanan yang tinggi serat dan padat energi, seperti sumber protein, buah-buahan, dan sayuran. Hindari makanan olahan, mengandung soda, berlemak tinggi, dan penuh akan gula. Perbanyak air putih supaya Anda dan kunyah makana secara perlahan akan membantu Anda kenyang lebih lama.

2. Cukup tidur dan kelola stres

Cara mengecilkan bokong tidak hanya bergantung dari pola makan, namun juga kebiasaan Anda. Kurang tidur berdampak negatif dengan metabolisme dan kadar hormon dalam tubuh.

Selain mengantuk dan malas, kurang tidur juga membuat seseorang jadi mudah stres. Kombinasi antara stres dan kurang tidur akan merangsang tubuh mengeluarkan hormon kortisol lebih banyak. Jika jumlah hormon ini terlalu banyak, maka metabolisme akan terganggu, tubuh kelelahan, dan  keinginan Anda untuk makanan bergula jadi meningkat.

Foto : Fitness BitS quat

Supaya Anda dalam menghilangkan lemak di bokong tidak sia-sia, hindari dua hal tersebut. Coba perbaiki waktu tidur Anda dan belajar untuk mengatasi stres, seperti latihan pernapasan.

3. Seimbangkan dengan olahraga

Pola makan dan kualitas tidur sudah baik, lalu apalagi yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan lemak berlebih di bokong? Ya, Anda perlu lebih giat olahraga lagi.

Anda tentu tahu jika olahraga itu beragam jenisnya, bukan? Untuk menghilangkan lemak di bokong, ada beberapa jenis latihan dan gerakan yang direkomendasikan, di antaranya:

Sudah kebanyakan duduk seharian ini? Yuk, imbangi dengan melakukan squat atau chair pose. Latihan ini dilakukan dengan memeragakan posisi duduk tanpa penahan apa pun.

Caranya, posisikan tubuh berdiri tegak, kemudian renggangkan kaki selebar bahu. Tekuk lutut Anda secara perlahan dan angkat tangan ke atas  dan majukan tubuh dan tangan Anda ke depan.

Foto : Chair pose atau squat

Gerakan ini sekilas hampir mirip dengan chair pose. Tujuannya pun sama, untuk memperkuat dan mengencangkan otot di sekitar bokong. Caranya, berdiri tegak dan renggangkan kaki selebar bahu.

Kemudian, angkat tangan Anda lurus ke depan dan turunkan bokong Anda secara perlahan. Jika digambarkan, posisi ini seperti Anda sedang duduk namun dengan tubuh tegak dan tangan diretangkan lurus ke depan.

Foto : Fitness Bit

Mulai dari lari, yoga, jalan menanjak, menaiki tangga, atau clambing mengandalkan kekuatan otot sekitar kaki dan bokong Anda. Supaya cara mengecilkan bokong dengan pola makan dan kebiasaan baik hasilnya maksimal, buatlah jadwal rutin untuk melakukan olahraga ini.(HelloSehat)

 

 

Oleh Aprinda Puji

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh : dr. Yusra Firdaus – Dokter Umum.

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*