Kegiatan Menjahit, Untuk Mengembangkan Motorik Anak

Hasil karya Anak-anak didik PAUD Suryalaya Kolor, Sumenep menunjukkan hasil keterampilan menjahit mereka. (Foto Dok. PAUD Suryalaya)

Javanetwork.co.id, Sumenep – Anak usia dini bertumbuh dan berkembang menyeluruh secara alami. Jika pertumbuhan dan perkembangan tersebut dirangsang, maka akan mencapai tahap yang optimal, (2/4).

Salah satu upaya untuk merangsang tumbuh dan berkembang anak, yakni dengan melakukan kegiatan menjahit. Kegiatan tersebut, merupakan cara untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik anak yang dilakukan PAUD Al-Qur’an Suryalaya, Selasa (02/04/2019).

Dalam kegiatan mejahit ini, anak-anak berinteraksi langsung dengan menggunakan tangan dan mata untuk mendapatkan sebuah karya yang telah dilakukan. Sehingga, hal itu dirasakan efektif dan menjadi salah satu cara untuk melatih keterampilan dasar anak dalam mempersiapkan diri pada kemampuan lebih lanjut.

“Kegiatan menjahit pada anak usia dini tidak sama dengan orang dewasa. Menjahit pada anak usia dini dengan menggunakan pita atau tali, karena menjaga keamanan pada anak,” kata Dartik, salah satu pendidik PAUD Suryalaya, Selasa (02/04/2019).

Ia menjelaskan, ada beberapa tahap dalam kegiatan menjahit pada anak usia dini. Di antaranya, yang pertama dengan empat lubang dan harus diberi angka 1- 4, kedua dengan enam lubang yang diberi angka 1- 6, dan ketiga dengan delapan lubang yang diberi angka 1- 8.

“Keempat dengan sepuluh lubang dengan memberi angka 1-10, kelima dengan dua belas lubang dengan memberi angka 1-12,” jelas Dartik.

Sedangkan tujuan dari kegiatan menjahit tersebut, yaknj untuk melatih motorik halus anak. Selqin itu, juga melatih konsentrasi anak, kemampuan logika, dan melatih koordinasi mata, serta tangan anak. (Yuyun/YR/Rafi)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*