Putri Indonesia 2017, Meriahkan Sumenep Batik Festival 2018

Designer Nasional bersama Putri Indonesia Jawa Timur di Sumenep Batik Festival 2018

Javanetwork co.id, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Sumenep Batik Festival dengan tema Batik Nusantara, dalam rangka Visit Sumenep 2018. Kegiatan tersebut berlangsung di depan labeng mesem keraton Sumenep, (23/12).

Kegiatan tersebut dihari oleh Bapak Wakil Bupati Sumenep Achmaf Fauzi, SH, sekaligus membuka acara, Bupati Sumenep A. Busyro Karim, Sekretaris Daerah (Sekda), Sumenep Ir. Edy Rasiyadi, M.Si, Ketua PKK Sumenep Ibu Nut Fitriana Busyro, seluruh Pimpinan OPD Sumenep, para tamu undangan, dan peserta Sumenep Batik Festival 2018.

Pagelaran Sumenep Batik Festival 2018 dengan tema Batik Nusantara, dengan tiga juri spesial salah satunya, yaitu Putri Indonesia 2017. Dan diikuti oleh 70 peserta dari beberapa kota di Jawa Timur, diantaranya Surabaya Blitar, Malang, Pasuruan, dan seluruh Kabupaten di Madura.

Putri Indonesia 2017 di Sumenep Batik Festival 2018

Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH dalam sambutanya mengatakan, teeselenggaranya Sumenep Batik Festival 2018 ini, memang dilaksanakan setiap tahun untuk menjaga identitas batik batik yang ada di Nusantara hususnya di Kabupaten Sumenep.

“Even ini untuk menunjang pengarajin batik sumenep lebih berinovasi, dan dapat memberikan nilai ekonomis,” kata Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH, minggu (23/12/2018).

Menurut Wabup, pada dasarnya dengan adanya even Batik Festival untuk membuka potensi terhadap pembatik di Madura hususnya di Sumenep. Bukan hanya menampilkan batik saja yang dibingkai dengan Fashion Show, selain itu juga bisa memberikan kesempatan kepada designer, pengrajin batik, untuk bisa menyalurkan bakatnya. Adanya even festival batik ini, agar terus bisa berkarya dan berinovasi.

“Seperti halnya batik kontemporer, merupakan batik bagian dari inovasi yang agak berbeda dengan batik batik biasa, memiliki konsep seni yang berbeda,” jelasnya.

Sementara itu, Panitia Pelaksana dr. Novia Istata mengungkapkan, digelarnya Sumenep Batik Festival ini, dalam rangka Vasit Sumenep 2018. Acara ini dilaksanakan setiap tahun, saat ini sudah tahun kedua yang dikemas dengan Fashion Show. Tahun 2018 sekarang konsepnya berubah, berbeda dengan tahun lalu.

“Sekarang mengambil tema Casual muslim,” ungkap Novita Istata dr. Spesialis gigi ini, minggu (23/12/218).

Putri Indonesia Jawa Timur ikut semarakkan Sumenep Batik Festival 2018

Selanjutnya Novi menerangkan, adapun katagori fashion Sumenep Batik Festival ada beberapa jenis, yakni katagori anak anak berdasarkan usia, yakni Katagori A usia 5 sampai 8 tahun, Katagori B usia 9 sampai 12 tahun. Sedangkan untuk katagori remaja, yaitu usia 13 sampai 25 tahun. Katagori remaja dibagi dua, yakni cowok dan cewek, dan ada 4 katagori dalam lomba ini masing masing diambil 10 pemenang.

“Batik Festival kali ini, kami datangkan designer Nasional dan Intersional, yaitu Imam Mustofa, dan Atan Siahaan,” terangnya.

Novi menuturkan, selain itu memperkenalkan kepada masyarakat Madura dan sekitarnya, Bahwa batik itu bukan cuma batik Madura, tapi batik Nusantara itu banyak macamnya, ada ulos, tenun dan sebagainya. Seperti halnya yang dipakai peserta saat ini, batik yang diberikan kami (panitia, red), yaitu batik kontemporer.

“Batik Kontemporer harus dipadu padankan dengan batik Nusantara lainnya,” tutur Novi Istata di selala kesibukanya.

Ia menambahkan, di tahun kedua ini batik yang gunakan para peserta adalah batik hasil karya dari pengrajin batik Kecamatan Prenduen Sumenep, sebab batik kontemporer Madura lebih menusantara, pemahaman lebih luasnya lagi abstrak sesusai dengan tema kali ini. Sumenep Batik Festival saat ini lebih fokus ke runway, karena belum pernah ada sebelumnya, dan kami juga datangkan 25 model fashion Nasional.

“Selain Putri Indonesia, kami juga turunkan seluruh Putri Indonesia Jawa Timur 2017, antara lain Putri, dan Ayu, yang semarakkan acara hari ini,” tambahnya.

Novi berharap, bahwa perkembangan model saat ini sudah pesat dan luar biasa. Batik tidak harus dilihat sebelah mata, terbukti hari ini (23/12/2018) kita bisa liat langsung di Sumenep Festival Batik. Terbukti, batiknya dikolaborasi oleh designer.

“Kali ini, dengan tim juri spesial, yaitu Putri Indonesia 2017 Putri, Joe Richad (artis), dan Leni Agustin sekaligus designer Internasional,” pungkasnya.(PM/RPM)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*