Bagi Pemohon SIM, Untuk Tes Kesehatan Bisa Dilakukan di Puskesmas dan Klinik

Javanetwork.co.id, Sumenep – Bagi para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM), baik baru maupun perjangan. Kini masyarakat bisa melakukan tes kesehatan di puskesmas atau klinik, (19/12).

Kasatlantas Polres Sumenep AKP Deddy Eka Ariyanto, SH melalui Bripka Jumadi mengatakan, sebelumnya masyarakat pemohon SIM untuk tes kesehatan mungkin tau nya cuma di loket yang sudah disediakan oleh pihak kepolisian. Akan tetapi saat ini, Tes kesehatan tersebut dapat dilakukan di mana saja, dan tidak perlu di tempat pelayanan SIM.

“Bisa dilakukan di Puskesmas, rumah sakit atau klinik di tempat lain,” kata Bripka Jumadi, rabu (19/12/2018).

Menurut Jumadi, untuk tes kesehatan bagi para pemohon SIM, baik untuk pembuatan SIM baru atau perpanjangan SIM itu wajib dilakukan. Surat keterangan kesehatan dari dokter tersebut, dilampirkan sebagai persyaratan untuk mengikuti tes permohonan SIM.

“Jika sudah ada surat keterangan sehat dari dokter, silakan dibawa dan tunjukkan kepada petugas yang ada loket,” jelasnya.

Di sampaikan, bahwa di Unit Pelayanan SIM seperti di Satpas SIM Polres Sumenep tetap disediakan loket untuk melayani tes kesehatan. Fasilitas yang sudah tersedia diberikan kepada calon pemohon yang belum melakukan tes kesehatan di luar. Sedangkan untuk uang tes kesehatan itu, tidak termasuk PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak).

“Tetap kami sediakan untuk melayani masyarakat yang tidak mau repot-repot membawa surat keterangan sehat dari dokter,” ungkapnya.

Tes kesehatan tersebut, yang meliputi tes visual untuk mengetahui kondisi mata pemohon SIM. Petugas kesehatan yang telah tersedia di loket pelayanan SIM di kepolisian, juga akan menanyakan riwayat kesehatan pemohon SIM.(PM/RPM)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*