Ratusan Peserta TK/RA Se-Kecamatan Lenteng, Ramaikan Lomba Mewarnai

foto bersama ketua panitia pelaksana HUT Kemerdekaan RI ke 73 dengan camat lenteg yang diwakili oleh Sekcam saat berlangsungnya lomba mewarnai tingkat TK/RA se-Kecamatan Lenteng (foto istiewa, Rahman Javanetwork)

Sumenep, Javanetwork.co.id – Panitia Pelaksana Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Madura, Jawa Timur, melaksanakan Lomba Mewarnai tingkat TK/RA Se-Kecamatan Lenteng. Dimana kegiatan tersebut yang di pusatkan di Pendopo Pesanggrahan Bulangan Dewi Ratnadi Desa Lenteng Timur, senin (13/8/2018).

Di samping ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 73, kegiatan lomba yang dilaksanakan merupakan suatu upaya untuk menumbuhkan kreatififitas anak dan kemampuan imajinasi anak diatas kertas. Dan menciptakan kedekatan anak dengan alam sekitar diluar lingkungan sekolah.

Suasana keceriaan Lomba dapat terlihat dari semangat dan antusiasnya para peserta lomba. Kegiatan Lomba mewarnai ini, diikuti oleh 23 lembaga TK dan 47 Lembaga RA. Masing masing Lembaga mendelegasi 70 peserta dengan jumlah keselurah peserta sebanyak 140 peserta se-Kecamatan Lenteng.

para panitia saat mengawasi peserta mewarnai

Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018 Kecamatan Lenteng dan sebagai Koordinator Pendidikan Kecamatan Lenteng  Arly Yahya menjelaskan, kegiatan lomba sekarang sedikit berbeda dengan kegiatan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kegiatan lomba saat ini kami laksanakan di Pendopo Pesanggrahan Bulangan Dewi Ratnadi, kalau tahun tahun sebelumnya kegiata lomba lomba kami laksanakan ditempat pelayanan Publik,” jelasnya, senin (13/8/2018).

semangat, para peserta lomba mewarnai tingkat TK/RA se kecamatan lenteng

Diungkapkan, Selain Lomba mewarnai,  kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan  situs sejarah peninggalan keraton Sumenep kepada anak anak sejak usia dini (PUAD, TK/RA). Sebab di Pesanggrahan Bulangan ini, merupakan peninggalan Pangeran Jokotole. Sedangkan  Pangeran Jokotole adalah Putra dari Potre Koneng (Dewi Saini) dengan Pangeran Adi Poday, dan Potre Koneng itu sendiri Putri Raja Songenep (Pangeran Seccadiningrat II).

Sedangkan Adi Poday (Cahaya atau api yang sempurna) Cucu dari Mbah Syekh Subakir (Sayyid Syamsuddin Al baqir Al farsi) Penguasa Pulau Sepudi. Dan Adi Poday sendiri berasal dari Pulau Sepudi (Sepudi  atau Sepuh Dewe karena pulau pertama kali Islam masuk di tatanan kepulauan Madura).

“Kami perkenalkan sebagian kecil dari sejarah sumenep kepada ana anak PAUD, TK/RA  dan juga orang tua,”ungkapnya.

penuh dengan kecerian anak anak TK/RA saat mengikuti lomba mewarnai di Pendpo Pesanggrahan Bulangan Dewi Ratnadi

Menurutnya, tegasnya  dalam pengawasan terhadap anak sangatlah penting, kelak mereka diharapkan dapat menjadi Generasi yang cerdas dan berguna di tengah-tengah masyarakat. Dalam hal ini, Para ibu agar lebih berperan dalam pengasuhan anak-anaknya. Sebab dala masa saat  ini adalah masa tumbuh kembang atau masa keemasan anak yang membutuhkan bimbingan dan arahan dari orang tuanya.

“Lomba Mewarnai Ibu dan Anak ini juga bertujuan untuk menciptakan kesamaan persepsi antara TK dan RA dalam mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini yang lebih maju,” jelasnya.

khidmat dan fokus

Kegiatan lomba yang dilaksanakan di Pesanggrahan Bulangan Dewi Ratnadi sejak tanggal 10 Agustus sampai dengan 13 Agustus 2018, hari ini (Senin. red). diantaranya perlombaan yang di lombakan yaitu, lomba menggambar  dan pakai baju tingkat PAUD serta lomba mewarnai untuk tingkat TK/RA.(Rahman/red)

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*