Di Hari Koperasi yang ke 71 Tahun 2018, Mampu  Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Bupati Sumenep Pimpin upara memperingati hari koperasi ke 71,

Sumenep, Javanetwork.co.id – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Melaksanakan upacara memperingati hari Koperasi yang ke 71 yang tahun 2018. Kegiatan tersebut yang bertempat di halaman pemkab setempat, (25/7).

Dalam acara upacara memperingati hari koperasi yang ke 71 di hadiri oleh Bupati Sumenep A Busyro Karim, Sekretaris Daerah Sumenep Edy Rasyadi, Ketua DPRD Sumenep Herman Dali Kusuma, Forkopimda Sumenep, dan segenap Pimpinan OPD Sumenep dan seluruh jajaran pengurus penggerak Koperasi di Sumenep.

Bupati Sumenep A. Busyro Karim mengatakan, dalam pertumbuhan ekonomi Nasional saat ini, momentum di hari Koperasi ke 71 tahun 2018 pertumbuhan ekonomi masyarakat di titik beratkan kepada menguatkan koperasi masyarakat.

“Peran Koperasi saat ini sangatlah penting untuk menjadi penopang ketahanan ekonomi Nasional dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati, rabu (25/7/2018).

Sesuai dengan data kementrian Koperasi dan UKM tahun 2014 telah memberikan kontribusi sebesar sekitar 1,71 persen, dan di tahun 2016 mencapai hingga 3,99 persen serta di tahun 2017 lebih meningkat menjadi 4,48 persen.

Menurut Busyro, pertumbuhan koperasi di Kabupaten Sumenep saat ini mampu menyerap tenaga kerja hingga 45 persen, dengan jumlah anggota koperasi mencapai 535.941 orang dengan total modal sendiri sebesar 199 Milyard lebih dan mempunyai aset 290 Milyard.

“melalui lembaga Koperasi, merupakan salah satu upaya untuk menunjuang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, dalam hal mengembangkan Koperasi, Pemerintah fokus kepada tiga hal yang sangat strategis yakni, kwalitas koperasi bukan kuantitas baik dari aspek kelembagaan usaha maupun keuangan, membuat data best koperasi sebagai landasan pembenahan dan evaluasi koperasi, serta pengembangan koperasi di semua level.

Di era teknologi dan globalisasi saat ini Insan koperasi Sumenep harus bisa melakukan reformasi total dengan memanfaatkan secara maksimal teknologi untuk kemajuan koperasi.”Bupati Sumenep berharap kepada semua koperasi Sumenep bisa belajar kepada koperasi yang sudah maju.

“Banyak koperasi di level Nasional yang omsetnya sudah mencapai hingga trilyunan rupiah, dan bahkan sudah masuk ke bursa efek serta mampu membeli saham. Demikian dalam hal ini bias kita di jadikan motifasi bagi koperasi yang ada di Sumenep”, tukasnya.(cunk/Rhm)

 

Bagikan di sini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*